Mengintip Konsep Desain Mobil ‘Supercar’ Yamaha R Car

Banyak orang yang mengetahui beberapa keunggulan Yamaha melalui teknologi sepeda motor, perahu, speedboat, mesin, generator serta beberapa alat musik. Namun, Yamaha seperti yang telah dilansir Carscoop, Kamis 15 November 2012, menggandeng pabrikan mobil raksasa Jepang, Toyota, tengah membangun konsep supercar yang diberi nama Yamaha R Car.

Sebelumnya, kerja sama Yamaha dan Toyota mengenai rancangan mobil pernah dilakukan pada 1967. Ditahun itu, kolaborasi tersebut menghasilkan mobil sport klasik dengan dua pintu, yaitu Toyota 2000GT.

Pada awal 90-an, Yamaha juga pernah membangun sendiri sebuah supercar bermesin V12, yakni Yamaha OX99-11. Namun, program supercar tersebut tidaklah mulus, karena pada saat itu Jepang mengalami krisis keuangan. Tidak lantas menyerah, Yamaha terus merancang, membangun, dan menyediakan beberapa mesin mobil untuk beberapa pabrikan otomotif, mulai dari mesin empat silinder sampai mesin V8.

Dengan banyaknya pengalaman tersebut, seorang desainer asal Spanyol, Albert Rosello, tertarik dan mencoba memberikan gambaran sebuah mobil ala Yamaha, dengan diberi nama Yamaha R Car.

Meski baru konsep Yamaha R Car, menurut Rosello, sangat menggambarkan ‘Supercar dengan jiwa Superbike’. Yamaha R Car memiliki desain bergaya Lamborghini, dan mampu memuntahkan tenaga hingga 900 Hp, dengan berat kurang dari 1.000 kilogram.

Sumber : vivanews