Hindari Mogok dengan Mencegah Air Masuk Busi Dikala Hujan

Musibah bila air masuk ke dalam sela-sela komponen kelistrikan motor, terutama part busi. Alhasil motor bisa sampai mogok di tengah jalan. Apalagi sekarang masuk musim hujan. Pasti intensitas motor terkena air bakal sering. Terutama air yang menggenang dan rembesan atau cipratan air hujan yang menuju ke busi.

Memang yang lebih sering ngadat bila kena busi. Biasanya air masuk melalui sela-sela cop atau biasa disebut cangklongan busi,” kata Sarjono, seorang mekanik. Untuk mencegah air masuk ke komponen kelistrikan terutama kabel koil dan cop busi ada beberapa cara yang dapat biker lakukan.

Salah satunya yakni sambungan antara kabel koil dan cop busi dapat ditutup dengan sealer. Karet ini dapat menutupi sela, sehingga menghindari masuknya air menuju sambungan antara koil dan cop busi.

Juga biasa ditemui cop busi yang enggak rapat, air hujan mudah masuk ke dalam busi,” lanjut Sarjono. Agar celah yang terjadi semakin sempit, bisa gunakan cop busi yang memiliki bibir karet rapat.

Biasanya saya sarankan aplikasi cop busi kepunyaan Yamaha Mio, karena bila digunakan hampir enggak ada celah. Jadi, lebih aman bila terkena rembesan air hujan. Harganya sekitar Rp 40 ribu,” saran mekanik yang punya markas di Jl. Joglo Raya Tangerang ini.

Sumber : otomotif