Tips Merawat Shockbreaker Agar Lebih Awet!

Shockbreaker merupakan salah satu elemen penting dari sepeda motor.  Fungsi shockbreaker itu sendiri adalah untuk meredam kejut atau getaran saat berkendara, khususnya ketika di jalan yang permukaannya tidak rata. Biasanya fungsi shockbreaker dapat dirasakan saat menikung dan pengereman.

Agar anda bisa merasakan kenyamanan saat mengendarai sepeda motor ada baiknya untuk menjaga dan merawat shockbreaker yang ada pada kendaraan anda. Berikut ini beberapa tips dan cara yang dapat dicoba untuk memelihara shockbreaker agar awet dan tidak cepat rusak.

  • Pertama, perhatikan bagian tabung silinder shock depan (stanchion) dan sering-seringlah dibersihkan dengan menggunakan air biasa setelah itu keringkan dengan menggunakan lap yang bersih hingga benar-benar kering.
  • Kedua, setelah benar-benar kering Anda berikan minyak finish line tipe wet di sekeliling karet stanchion. Perhatikan ketika mengoleskannya, harus perlahan dan hati-hati.
  • Ketiga, setelah dioleskan minyak maka lakukan penekanan pada shockbreaker. Ini fungsinya agar minyak yang sudah dioleskan itu akan naik mengikuti tingginya shock.
  • Keempat, setelah itu jika ada sisa minyak yang berceceran di sekeliling shockbreaker maka anda harus membersihkannya. Caranya yakni cuci sisa minyak yang ada dengan air atau bensin dengan menggunakan kuas atau lap. Setelah itu kembali keringkan sampai benar-benar kering.
  • Kelima, tidak dianjurkan sekali untuk menambahkan anting-anting shock, baik untuk menambah tinggi posisi atau sekedar untuk gaya. Karena fungsi kerja shockbreaker akan terganggu atau sama sekali tidak akan berfungsi, dan membuat fungsinya berjalan kurang baik.

Langkah tersebut terlihat biasa saja, tapi efeknya besar. Karena akan berpengaruh pada umur shockbreaker. Akan jauh lebih lama. Yang tadinya dapat bertahan 2 atau 3 tahun dengan perawatan itu bisa mencapai 3,5 tahun bahkan 4 tahun jika dilakukan rutin setiap 2 bulan sekali.

Sumber : motodream