Aplikasi Sensor O2 Pada New V-Ixion, Emisi Gas Buang Jadi Lebih Bersih!

Dengan penggunaan teknologi Fuel Injection terbaru, Yamaha New Vixion akan memberikan  imajinasi sambaran kilat membelah langit kepada pengendaranya. Hal itu sesuai dengan tagline yang digunakan oleh New Vixion, yaitu Ride The Lightning.

Teknologi fuel injection terbaru pada Yamaha New Vixion terbukti lebih canggih. Yamaha telah mengusung teknologi close loop ditandai dengan aplikasi O2 sensor di saluran lubang buangnya.

Dengan tambahan satu sensor ini, injeksi baru New Vixion tidak hanya bisa membaca kondisi lingkungan dan mesin, tapi juga bisa mengkoreksi kinerja injeksi lewat kadar O2 di gas buang.

Ketika sistem injeksi mulai bekerja, maka suhu dan tekanan udara masuk, gerakan throttle gas juga suhu mesin akan dipantau. Data-datanya kemudian menjadi acuan Electronic Control Modul (ECM) untuk menentukan jumlah semprotan bahan bakar.

Tapi bukan tidak mungkin, hasilnya masih terlalu kaya atau miskin. Untuk mengetahuinya, digunakan O2 sensor yang mengirimkan dari dari gas buang ke ECM untuk mengkoreksi campuran gas bahan bakar. Efeknya, pembakaran selalu sempurna, emisi gas buang jadi lebih bersih.

Pada Yamaha New Vixion, posisi O2 sensor diletakan pada ujung saluran buang di silinder head. Posisinya mirip pada Mio J dan Soul GT. Jadi lebih mudah ketika hendak pasang knalpot racing, enggak perlu menyiapkan dudukan khusus untuk sensor O2-nya.

Sumber : motodream