Kabar Bola : Pemenang FIFA Ballon d’Or 2012 Antara Messi, Ronaldo, dan Iniesta Diputuskan Malam Ini!

Malam ini siapa yang akan dinobatkan sebagai pesepakbola terbaik dunia 2012 akan diumumkan. Apakah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo lagi, ataukah Andres Iniesta yang akan meraihnya?

Malam ini, Senin (7/1/2013), bertempat di markas FIFA di Zurich, Swiss, akan dihelat acara penganugerahan FIFA Ballon d’Or. Tiga kandidat dari setiap kategori telah ditetapkan pada akhir November lalu.

Di kelompok pesepakbola putra terbaik, tiga calonnya adalah Messi, Ronaldo, dan Iniesta. Kecuali Iniesta, dua nama pertama pernah memenangi penghargaan sebagai pemain terbaik dunia: Messi tiga kali (2009, 2010, 2011), Ronaldo satu kali (2008).

Catatan terbaik Messi adalah mencetak 91 gol di sepanjang tahun 2012. Ronaldo juga sangat tajam, mendulang 46 gol di La Liga musim lalu, membawa Real Madrid memenangi Liga Spanyol, serta ikut mengantarkan Portugal ke semifinal Piala Eropa.

Iniesta, walaupun bukan seorang goalgetter, tapi performanya dinilai luar biasa, terutama di Euro. Ia menjadi pemain terbaik di final, pemain terbaik turnamen, dan Spanyol keluar sebagai juara. Ia juga salah satu pemain paling penting dalam setiap kesuksesan Barcelona saat ini.

Di kelompok putri, yang akan memperebutkan titel FIFA’s Women’s Player of the Year adalah Marta (Brasil), Alex Morgan (AS), dan Abby Wambach (AS). Marta adalah “ratu” sepakbola wanita karena dia telah menjadi pemain terbaik dunia sebanyak lima kali berturut-turut, dari 2006 sampai 2010. Tahun lalu ia kalah dari bintang Jepang, Homare Sawa.

Tiga kandidat pelatih terbaik dunia adalah Vicente del Bosque (timnas Spanyol), Josep Guardiola (Barcelona), dan Jose Mourinho (Real Madrid). Nama terakhir kabarnya takkan menghadiri acara tersebut — diyakini karena kansnya untuk menang tidaklah sebesar terutama Del Bosque.

Gala ini juga akan mengumumkan gol terbaik untuk trofi bertajuk Puskas Award. Nominasinya adalah gol salto Radamel Falcao (Amerikca de Cali vs Atletico Madrid, 19 Mei 2012): gol solo run Neymar (Santos vs Internacional, 7 Maret 2012); dan gol tendangan voli jauh Miroslav Stoch (Fenerbahce vs Genclerbirligi, 3 Maret 2012).

Sumber : detik