Kabar Bola: Messi Pemain Terbaik Dunia 2012 dan Stoch Cetak Gol Terbaik!

Pemain Terbaik Dunia 2012 terjawab sudah. Siapa lagi kandidat terkuat yang dijagokan selama ini kalau bukan bintang Barcelona dan tim nasional Argentina, Lionel Messi. Penghargaan tersebut diserahkan oleh kapten tim nasional Italia saat menjuarai Piala Dunia 2006, Fabio Cannavaro, dalam acara yang berlangsung di markas FIFA di Zurich, Selasa (8/1/2013) dinihari WIB.

Messi memenangi gelar itu setelah unggul jumlah suara melalui voting. Ayah dari Thiago ini memenangi 41,60% suara, mengungguli Ronaldo yang mendapatkan 23,68% suara dan Iniesta yang mendapatkan 10,91% suara.

Dengan demikian Messi sudah memenangi gelar tersebut empat kali, dan keempatnya diraih secara berurutan. Sebelum kemenangannya tahun ini, dia sudah memenanginya pada tahun 2009, 2010 dan 2011.

Sejujurnya, sulit dipercaya bisa memenangi penghargaan ini untuk keempat kalinya secara berurutan,” ucap Messi ketika menerima penghargaan itu.

Sebagai catatan tambahan, Messi juga sudah menorehkan catatan lainnya pada tahun 2012 lalu, yakni mencetak 91 gol bersama klub dan tim nasional.

Ballon d’Or yang diraih Lionel Messi tahun ini membuat dia sudah empat kali merebut penghargaan tersebut. Menjadi orang pertama yang mampu melakukannya, pesepakbola asal Argentina itu berhasil melangkahi Michel Platini.

Messi kembali menyingkirkan Cristiano Ronaldo dan Andres Iniesta dalam persaingan memperebutkan status pemain terbaik dunia. Dari polling yang dilakukan terhadap kapten dan pelatih negara seluruh anggota FIFA, Messi mengumpulkan 41,60% suara sementara Ronaldo dapat 23,68% dan Iniesta meraih 10,91%.

Buat Messi ini adalah kali keempat secara beruntun dia memenangi Ballon d’Or. Sepanjang sejarah penghargaan tersebut, Messi adalah orang pertama yang bisa meraihnya sampai empat kali.

Rentetan keberhasilan meraih Ballon d’Or terbanyak sebelumnya juga dipunya Platini, yang mendapatkannya tiga kali berturut dalam selang tahun 1983 sampai 1985. Sebagai catatan, saat itu Ballon d’Or merupakan penghargaan pemain terbaik di Eropa.

Johan Cruyff dan Marco van Basten juga pernah tiga kali memenangi Ballon d’Or, tapi eks bintang Belanda itu tidak secara beruntun memenanginya. Cruyff meraihnya di tahun 1971, 1973 dan 1974, sementara Van Basten memenanginya di tahun 1988, 1989, 1992.

FIFA Puskas Award 2012 milik Miroslav Stoch

Bila Messi berhasil menyandang predikat pemain terbaik dunia, lain halnya dengan Miroslav Stoch. FIFA Puskas Award 2012 berhasil menjadi miliknya. Gol yang dibuat winger Fenerbahche itu dikukuhkan sebagai yang terbaik sepanjang tahun lalu, mengalahkan gol Radamel Falcao dan Neymar.

Stoch mendapat suara terbanyak dalam polling yang dilakukan FIFA melalui situs resminya. Penghargaan pada pemain asal Slovakia berusia 23 tahun itu dilakukan dalam Gala Dinner FIFA Ballon d’Or 2012 yang dilakukan di markas otoritas sepakbola dunia itu di Zurich, Swiss.

Gol indah Stoch dibuat saat dia tampil membela Fenerbahce menghadapi Genclerbirligi dalam lanjutan Liga Super Turki pada 3 Maret 2012.

Mendapat umpan dari tendangan sudut, Stoch yang berdiri tanpa kawalan beberapa meter di muka kotak penalti melepaskan tendangan first time dengan kaki kanannya. Bola yang sempurna dia tendang melengkung dan mengarah ke sudut kiri atas gawang Genclerbirligi.

Stoch mengalahkan gol solo run Neymar ke gawang Internacional. Mendapat bola sejak dari wilayahnya sendiri, Neymar langsung melakukan tusukan ke pertahanan lawan plus menghindari kejaran empat hingga lima pemain. Menjelang kotak penalti Neymar memperdaya dua pemain Internacional sebelum akhirnya mendahului kiper menceploskan bola ke dalam gawang.

Adapun gol Falcao lahir saat Atletico Madrid menghadapi America de Cali pada 19 Mei 2012, dengan proses yang mirip dengan gol Stoch. Sama-sama menyongsong bola hasil tendangan sudut, Falcao mencetak golnya dengan sebuah tendangan gunting akrobatik dari dalam kotak penalti. Si kulit bundar yang dia sepak menghujam gawang tanpa bisa dihalau kiper.

FIFA Puskas Award merupakan penghargaan FIFA atas gol yang dianggap terbaik sepanjang tahun. Sejak pertama diadakah tahun 2009 mereka yang pernah membawa pulang piala ini berturut-turut adalah Cristiano Ronaldo, Hamit Altıntop dan Neymar tahun lalu.

Sumber : detik