Tips Menyembuhkan Mesin Motor Yang Terendam Banjir

Hujan yang terus mengguyur sejumlah daerah khususnya di ibu kota Jakarta dan sekitarnya mengakibatkan banjir di beberapa tempat. Tidak sedikit pengguna sepeda motor yang nekat menerobos genangan air yang cukup tinggi, alhasil banyak sepeda motor yang mogok akibat terendam oleh genangan air itu.

Jika Anda mengalami kejadian tersebut, ada beberapa cara untuk mengatasi atau ‘menyembuhkan’ mesin sepeda motor yang mogok akibat menerjang banjir. Berikut langkah-langkah yang Anda harus lakukan :

1. Buka karburator (jika masih menggunakan sistem pengabutan ini). Keluarkan semua cairan di dalamnya belum cukup dengan melepas mur tempat pembuangan bensin. Untuk sepeda motor injeksi, bagian yang rawan air adalah sambungan kabel dan komputer atau ECU (sudah dilapisi bahan anti resapan air).

Soket penghubung kabel sudah diberi insulator. Karena itu, genangan air bukan masalah bagi sepeda motor bermesin injeksi.” beber Ajang.

2. Buka mesin, mulai bak oli (crank ase), kopling dan blok silinder. Rendam dengan bensin dan keringkan.

3. Untuk skutik, dipastikan komponen di balik  bak CVT tidak kena air. Buang airnya melalui selang pembuangan (berada di bawah bak CVT).

4. Buang oli mesin, ganti dengan yang baru.

5. Buka semua sistem kelistrikan, seperti kabel, spul, rumah lampu dan lain. Keringkan untuk mencegah hubungan pendek.

6. Kalau sudah terpasang dengan baik dan rapi, barulah mesin dihidupkan kembali.

Semoga tips singkat di atas bermanfaat buat biker semua! 😉

Sumber : motodream