4 Tanda Ban Motor yang Sudah Saatnya Segera Diganti!


Ban merupakan salah satu elemen yang terpenting pada sebuah sepeda motor. Akan tetapi, banyak pengguna sepeda motor yang kurang peka dengan kondisi ban yang sedang digunakannya. Tidak sedikit kecelakaan terjadi akibat kondisi ban yang sudah tidak layak sehingga mengakibatkan pecah ban saat kendaraan melaju kencang. Pastinya itu sangat berbahaya buat pengendara sepeda motor.

Namun sebenarnya kita bisa mengetahui kapan waktunya sebuah ban harus diganti dengan cara merasakan gejalanya ketika berkendara. Berikut ini 4 tanda ban motor yang sudah selayaknya untuk diganti:

1. Permukaan Ban Sudah Licin

Lihat permukaan ban Anda apakah sudah dalam keadaan licin atau tidak. Kalau sudah demikian maka dianjurkan untuk segera menggantinya dengan ban yang baru.

2. Kedalaman Alur Ban Kurang Dari 1,5 mm

Periksa kedalaman alur di setiap telapak ban. Kalau kedalamannya kurang dari 1,5 mm maka Anda harus menggantinya.

3. Ban Tampak Retak dan Sudah Mulai Muncul Kawat

Perhatikan jika ban Anda sudah terlihat retak-retak atau sudah mulai muncul kawat maka itu benar-benar harus diganti. Sebab untuk menjaga hal terburuk yang tidak diinginkan saat berkendara.

4. Sering Bocor/ Banyak Tambalan

Jika ban Anda sudah mulai mengalami kebocoran dan sudah sering ditambal, ada baiknya segera diganti. Sebab ban yang sudah sering bocor dan ditambal lambat laun bentuknya akan berubah dan akan mengakibatkan ketidakseimbangan.

Sumber : motodream