Tips Kesehatan Rambut Bagi Wanita Pengendara Roda Dua

Di tengah kemacetan khususnya yang dialami kota-kota besar seperti sekarang ini, menggunakan motor adalah pilihan yang ideal. Tak hanya pria, wanita pun banyak yang menggunakan sepeda motor agar lebih cepat sampai tujuan.

Namun paparan sinar matahari dan angin ketika Sister berkendara akan menyebabkan berbagai masalah rambut seperti lepek, kusut, sampai kering dan bercabang. Untuk itu, diperlukan perawatan ekstra. Berikut ini beberapa tips yang dapat dicoba untuk menjaga keindahan rambut setelah berkendara dengan sepeda motor :

1. Menggunakan Helm yang Bersih

Selain faktor keselamatan, menggunakan helm saat berkendara juga akan menyelamatkan rambut Sister dari polusi dan debu. Kebersihan helm juga perlu diperhatikan, disarankan untuk membersihkan helm di tempat khusus, minimal seminggu sekali untuk mencegah timbulnya jamur yang dapat membuat rambut berketombe atau bau.

2. Menggunakan Syal

Jika Sister tidak ingin mengacaukan tatanan rambut, gunakan syal untuk menutupi rambut. Selain bisa tetap bergaya dengan pilihan syal warna-warni, Sister juga bisa mengurangi efek kerusakan rambut ketika berkendara dengan sepeda motor.

3. Menutrisi Rambut

Tidak hanya kulit saja yang perlu dilindungi dari paparan sinar matahari, pada kenyataannya rambut juga memerlukan tabir surya. Sister dapat menggunakan kondisioner yang mengandung SPF sehabis keramas untuk memberikan nutrisi pada rambut. Lakukan perawatan rutin lainnya seperti creambath atau hair spa minimal sebulan sekali.

4. Mengikat Rambut

Dibanding menggerai rambut ketika berkendara, mengikat rambut adalah pilihan yang cerdas. Dengan menata rambut terikat rapih ke atas atau menatanya dengan model kepang, dapat meminimalisir rambut yang kusut dan rusak setelah berkendara.

5. Membersihkan Rambut

Setelah berkendara dengan sepeda motor, disarankan untuk segera membilas rambut menggunakan shampo dan kondisioner. Keringat dan kotoran akibat polusi dan angin saat berkendara, akan menyebabkan kotoran menumpuk di kulit kepala. Untuk itu, segera bersihkan rambut untuk menghindari masalah seperti ketombe dan rontok.

Semoga tips di atas bermanfaat dan selamat mencoba 😉

Sumber : walipop