Mengendarai Sepeda Motor Dapat Melatih Otak dan Menyehatkan Mental!

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di balik software “Brain Training”  telah menunjukkan bahwa mengendarai motor itu dapat melatih otak dan menyehatkan mental. Hal itu tentunya bila cara mengendarainya dilakukan secara baik dan benar.

Sebuah studi baru tersebut menunjukkan bahwa mengendarai sepeda motor dapat menjaga otak mereka tetap segar. Adalah Ryuta Kawashima dan tim peneliti di Yamaha Motor yang melakukan eksperimen ini dengan melibatkan pria paruh baya. Tim menemukan bahwa mengendarai sepeda motor mampu mengaktifkan otak pengemudi, sebagian karena memerlukan kewaspadaan.

Kawashima adalah pengembang software “Brain Training”, yang menggabungkan kuis dan permainan lainnya untuk konsol game Nintendo DS di bawah nama “Brain Age” di Amerika Utara. Dia berpendapat bahwa pikiran manusia dan tubuh terbiasa dengan pengaturan yang rendah rintangan saat berada di lingkungan yang nyaman dan mudah.

Kawashima adalah seorang penggemar sepeda motor, beliau melakukan sebuah studi baru yang dilakukan bersama Yamaha dan Tohoku University yang menggali stimulasi otak yang dilaporkan oleh pengendara sepeda motor. Salah satu studi yang diamati dari 22 orang di usia 40-an dan 50-an, yang mempunyai SIM sepeda motor tetapi tidak pernah mengendarai motor setidaknya selama satu dekade.

Setelah kontributor dilakukan secara acak kemudian dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok diminta untuk melanjutkan mengendarai sepeda motor dalam kehidupan sehari-hari mereka selama dua bulan, sementara yang lain tetap menggunakan sepeda atau mobil.

Kawashima mengatakan kelompok yang mengendarai sepeda motor menghasilkan nilai yang lebih tinggi dalam tes fungsi kognitif. Tes lain yang dilakukan dalam penelitian tersebut memerlukan orang-orang untuk mengingat sejumlah angka dalam urutan terbalik. Mereka yang pengendara sepeda motor aktif mampu menunjukkan lebih dari 50 persen peningkatan skor dalam waktu dua bulan, sedangkan untuk yang bukan pengendara menghasilkan skor sedikit memburuk.

Pengendara sepeda motor juga dilaporkan lebih sedikit membuat kesalahan di tempat kerja dan perasaan mereka secara keseluruhan lebih bahagia.

Kawashima menyatakan bahwa kesehatan mental adalah masalah yang sangat besar di masyarakat modern.

Saya pikir kami membuat sesuatu menarik di sini karena data menunjukkan Anda dapat meningkatkan kondisi mental Anda hanya dengan menggunakan sepeda motor untuk bepergian.”

Jadi janganlah sedih bila masih memakai sepeda motor untuk perjalanan ke tempat kerja. Rumah jauh dari kantor juga bagus, karena berarti Anda akan lebih banyak melatih otak Anda. Tentunya dengan berpedoman pada safety riding saat berkendara! 😉

Sumber : redorbit