Tekanan Angin Ban Motor Perlu Mendapat Perhatian!

Jangan anggap sepele dalam urusan merawat tekanan ban motor biker. Dampak terburuk yang bisa disebabkan dari kelalaian ini bisa sangat mengancam keselamatan biker ketika berkendara. Padahal hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk sekedar melakukan pengecekan rutin terhadap tekanan ban motor yang akan ditunggangi.

Berkendara pada saat kekurangan tekanan angin ban sangat tidak dianjurkan. Sebaiknya langsung cepat dibawa ke bengkel ban atau SPBU terdekat untuk segera ditambah tekanan anginnya. Karena berkendara pada saat kekurangan tekanan angin ban bisa membuat ban pecah terutama pada saat siang hari, karena  faktor cuaca yang panas.

Selain itu tekanan angin yang kurang akan menyebabkan ban akan habis tidak merata di bagian sisinya. Sementara tekanan angin yang melampaui batas normal juga tidak dianjurkan. Banyak yang beranggapan bahwa tekanan angin ban berlebihan akan membuat motor enteng untuk melaju, tetapi berbahaya saat memasuki tikungan akibat dari ban yang tidak semua permukaan menyentuh aspal. Selain itu, ban akan cepat habis di bagian tengah.

Lalu kapan saat yang paling disarankan untuk melakukan pemeriksaan tekanan angin ? Waktu yang paling tepat adalah di saat ban sudah menjadi dingin, baiknya periksa tekanan ban hal ini dilakukan di pagi hari di saat kendaraan sudah berhenti tidak dipakai semalam.

Untuk ban yang masih baru diwajibkan untuk mengecek tekanan angin ban secara rutin setiap hari, sebelum ban mencapai jarak tempuh 3000 km. Hal ini disebabkan karena ban yang masih baru cenderung memuai dan bertambah volumenya. Sehingga tekanan angin pada ban pastinya akan menurun. Untuk itulah rajinlah melakukan pengecekkan tekanan angin ban baru.

Luangkan juga waktu untuk memeriksa terhadap kebocoran udara dari pentil, jika hal ini terjadi maka gantilah valve core nya. Valve core adalah katup yang berada di dalam pentil yang berguna untuk memasukkan udara saat di pompa dan menutup saluran bila angin di dalam ban mau keluar. Jika valve core rusak, maka akan terjadi kebocoran dalam pentil. Cara pemeriksaan kondisi valve core adalah dengan memberikan air pada pentil, jika timbul busa pada air tersebut , berarti valve core telah rusak. Dan hal terakhir yang sering pengemudi tidak perhatikan adalah tidak adanya tutup pentil. Jangan sampai ban sepeda motor tidak memiliki tutup pentil !

Pertimbangkanlah untuk menggunakan Nitrogen. Saat ini pengisian menggunakan Nitrogen sudah sangat umum dijumpai di berbagai tempat. Meskipun harganya cukup mahal namun itu sebanding dengan kualitas yang akan kita dapatkan yakni tekanan angin ban yang berumur lebih panjang.

Sumber : motodream