Yamaha Donasikan Pembuatan Rain Water Harvesting Untuk Sekolah

Jakarta tidak akan lepas dari banjir yang disebabkan oleh musim hujan yang tidak menentu. Air hujan tidak bisa menyerap kedalam tanah yang salah satunya disebabkan pemakaian air tanah berlebihan sehingga terjadi penurunan permukaaan tanah. Selain itu air bersih dan sanitasi di Indonesia tergolong masih kurang.

Minimnya ketersediaan air bersih dan kurang bagusnya sanitasi dan perilaku tidak sehat masyarakat Indonesia membuat perlunya pendidikan masyarakat yang dimulai dari usia dini, sejak di sekolah dasar dan menengah. Atas dasar itulah kemudian PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tergerak untuk berperan aktif  dan  berpartisipasi melalui tindakan nyata berupa donasi pembuatan RWH atau Rain Water Harvesting (memanen air hujan).

RWH merupakan teknik sederhana dan murah untuk mendapatkan sumber air yang berkelanjutan dan permanen. Kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) Yamaha ini bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta dan mendapat dukungan dari Pemda DKI Jakarta. Yamaha memberikan donasi sebesar 400 juta rupiah yang diberikan langsung kepada pihak Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya yang diwakili dr.M.Marcia M (Direktur Utama Rumah Sakit Atmajaya), dr Lukas Kristanda (Kepala Layanan Komunitas) serta drg Liling selaku Koordinator pembangunan RWH.

Penyerahan donasi oleh Yamaha ini dilakukan di Kantor Wakil Gubernur DKI Jakarta pada Senin (18/02) dan disaksikan oleh  Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. Dana ini diberikan untuk pembangunan dua Rainwater Harvesting di tiga sekolah di Kecamatan Penjaringan (Jakarta Utara), yang merupakan daerah binaan Universitas Atmajaya. Tiga sekolah tersebut adalah SDN Kapuk Muara 05 (pagi), SDN Kapuk Muara 06 (petang) dan SMPN 122 Kapuk Muara.

Kami harapkan CSR Yamaha ini dapat membantu masyarakat dan juga adik-adik murid SD dan SMP dalam penyediaan air bersih dan sanitasi yang sehat. Kami harapkan juga ribuan perusahaan swasta di Jakarta, bisa bersama-sama berperan aktif membantu masyarakat dalam penyediaan air bersih secara RWH, sekaligus mengurangi pemakaian air tanah dan mengurangi potensi banjir,” papar Dyonisius Beti, Executive Vice President Yamaha Indonesia.

Kegiatan CSR seperti yang dilakukan Yamaha ini sangat bagus. Saya mengajak perusahaan-perusahaan swasta lainnya untuk melakukan kegiatan positif seperti ini,” himbau Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. Setelah pemberian donasi ini, pekan depan dilanjutkan dengan workshop dan pembangunan RWH yang akan selesai dibangun satu bulan lamanya.

Sumber : motodream

%d blogger menyukai ini: