Ini Dia Perangkat Untuk Mengembalikan Peforma Injektor YMJET-FI!!!

Setelah menyatakan akan menganti semua produk motornya yang masih mengunakan karburator dengan penggunaan Fuel Injection, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terus berbenah guna terus meningkatkan pelayanan kepada konsumennya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan peralatan dan kemampuan dari teknisi atau mekanik yang tersebar di dealer-dealer Yamaha.

Peralihan dari sistem bahan bakar karburator ke injeksi membuat kerja mekanik menjadi lebih ringan. Untuk mengetahui kerusakan pada sistem injeksi, tinggal gunakan diagnostic tool dan kondisi semua komponen injeksi langsung terdeteksi. Sebelumnya Yamaha juga telah memperkenalkan dan memperagakan alat baru yang termasuk ke dalam diagnostic tool, yaitu Injector Cleaner. Sebuah perangkat yang mirip kalibrasi injector pada mesin mobil.

Yamaha Injection Cleaner berfungsi untuk membersihkan dan mengembalikan peforma injector sesuai kondisi ideal juga untuk mengetahui seberapa rusak kondisi semprotan injektor ke ruang bakar. Alat ini memiliki dua tabung untuk melakukan tes volume dan sebuah ruang kaca untuk melihat arah semprotannya. Satu lagi fasilitasnya adalah sebuah wadah kecil untuk membersihkan injektor itu sendiri.

Di dalam Injector sendiri terdapat sebuah perangkat elektronik berupa selenoid coil yang berfungsi untuk mengatur buka tutup lubang injector ketika dialiri oleh arus listrik dari ECU / ECM. Secara logika, ketika injector yang dialiri bahan bakar dalam rentang waktu tertentu pastilah akan mengalami kotor, baik pada komponen yang ada didalamnya ataupun pada lubang injector (lubang penyemprotan). Hal ini tidak berbeda jauh dengan sistem karburator yang memerlukan perawatan pada kurun waktu tertentu dengan cara menservis atau membersihkan karburator pada lubang-lubang aliran udara dan bahan bakar, termasuk spuyer karburator.

Oleh karena itu, untuk membersihkan injector diperlukan tools khusus dan cairan khusus yang berfungsi membersihkan kotoran yang melekat dalam saluran masuk injector. Karena injector merupakan perangkat elektronik, maka cara pembersihannya harus menggunakan perangkat elektronik juga untuk menggetarkan selenoid coil dalam injector. Sehingga cara yang paling tepat adalah melepas injector, kemudian bersihkan dengan tools khusus berupa “Injector Tester and Cleaner“.

Sumber: motodream