Launching Yamaha Racing Team 2013, Jupiter Z1 Jadi Senjata Baru!

Informasi langsung dari basecamp Yamaha Pulogadung, secara lugas para pentolan team garputala yang diwakili pak Dion, Eko, Abidin, Terada, serta Supriyanto menyatakan gong kelahiran tim racing baru 2013. Rasa optimisme yang dibalut slogan “bersatu kita menang” menjadi pencambuk mereka guna terus mendominasi di tahun 2013 ini. Berbekal bebek injeksi JupiterZ1, Yamaha menyatakan siap menyongsong balap Indoprix dan Motoprix!!!…..

Yamaha dan team menyatakan…riset JupiterZ1 sudah dilakukan sejak setahun lalu. Menurut pak Abidin (YIMM)…..hasil R & D ternyata cukup mencengangkan. “Liat aja besok di Sentul ….betotannya mantap!” ujarnya. Statement dipertegas oleh pak Supri, manajer motosport YIMM “Kitiran RPM enteng tembus 14,000…..tapi powernya off the record dulu ya. Belum bisa diekspose” seru doi sambil tersenyum.

Rasa optimis terlihat menyelimuti seluruh jajaran tim biru. Menurut pak Abidin pembalap Yamaha bakal menggunakan JupiterZ1 secara bertahap. Keberhasilan meracik diagnostic tool yang canggih namun banderol terjangkau menjadi kunci suksesnya riset dan development si bebek injeksi. Yamaha ingin aktivitas racing lebih fun serta exciting. Tujuannya satu yakni ingin membuat race culture yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Terus seperti apakah wujud asli JupiterZ1 versi racing??….

Sangar pisan euy!!! Disana bertengger part-part racing kelas wahid. Contohnya adalah adanya crankcase engine sebelah kiri yang berganti dengan full alumium.

Cepat melepas panas. Aluminiumkan komponen pelepas panas terbaik” ujar pak Abidin memberikan pencerahan setelah konferensi press usai (Untuk detil sikuda besi akan kita bahas diartikel terpisah).

Dengan line up team dan pembalap tahun ini di ajang yang diikuti yaitu Indoprix, Motoprix dan kerjurnas supersport kami optimis dapat tetap mendominasi gelar juara seperti tahun-tahun sebelumnya” tegas pak Supriyanto lagi.

Tahun ini YIMM menerjunkan 74 pembalap yang dipecah menjadi 36 tim. Tercatat region satu (Sumatera) ada 4 tim atau 10 pembalap, Region dua (Jawa) 9 tim atau 18 pembalap, Region 3 (Bali) 4 tim atau 10 pembalap dll. Selain membalap, para rider dijadwalkan akan mengadakan aktivitas Yamaha Riding Academy (YRA) sebagai wadah edukasi menempa skill balap secara teori dan praktek. Mereka juga akan didaulat sebagai duta Yamaha safety riding.

Pembalap Yamaha harus menjadi duta yang baik, merefleksikan roh atau nyawa biker yang selalu santun, contohnya memakai helm yang distandarkan atau protector untuk memaksimalkan keamanan…” tutup pak Abidin

Prosesi tim racing garputala tidak hanya sampai disini. Dijadwalkan mereka akan menggembleng pembalapnya dengan materi safety riding, teori balap hingga praktek di lapangan. Dan pada klimaksnya, sirkuit Sentul menjadi pilihan guna mendemontrasikan senjata baru yakni JupiterZ1 underbone. Yang pasti bakalan makin seru nih laga balapan nasional!!!

Sumber: iwb