Safety Riding,Tips Melewati Lubang di Jalan!

Kecelakaan lalulintas adalah pembunuh yang paling mengerikan.  Semakin hari tingkat kecelakaan di jalan raya pun semakin meningkat dan rata-rata korban kecelakaan didominasi oleh para pengendara sepeda motor. Banyak faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas mulai dari faktor pengendara yang lalai sampai jalanan yang berlubang. Nah kali ini kita fokus ke penyebab jalanan yang berlubang. Bagaimana cara menghadapi jalanan yang berlubang ??

Berikut beberapa tips untuk menghadapi jalan berlubang ketika Anda sedang mengendarai sepeda motor yang disosialisasikan oleh Divisi Humas Mabes Polri :

  1. Jika anda sudah hapal dengan jalan yang sering dilalui, ini yang paling baik, tentu saja dari kejauhan anda sudah mulai persiapan untuk berpindah lajur.
  2.  Jaga jarak pandang anda, jangan terlalu dekat agar jarak pandang anda cukup untuk melihat kendaraan di depan, sehingga kondisi jalan di depan lebih terlihat.
  3. Ketika anda melihat lubang segera perlambat kendaraan dengan menutup putaran gas dan kedua rem. Kemudian, bila memungkinkan tengok kaca spion untuk memastikan tidak ada kendaraan yang akan melintas diarea yang akan anda gunakan untuk menghindar. Bila tidak memungkinkan, perlambat kendaraan sampai berhenti kemudian anda melihat kaca spion dan tunggu sampai situasi aman kemudian menghindari lubang tersebut. Jangan berspekulasi dengan cara langsung menghindar. Sangat Berbahaya!
  4. Bila jarak pengereman terlalu pendek dan Anda harus melewati lubang tersebut, tetap memperlambat kendaraan dan angkat pinggul anda, sedikit tekuk lutut dan siku tangan, dan genggam lebih kuat setang kemudi Anda. Hal ini bertujuan agar anda tidak terlempar dari kendaraan. Kemudian berjalan lagi dengan tenang dan lebih waspada.

Hal ini berlaku juga bila sekiranya Anda mengetahui pengendara di depan anda akan menghadapi lubang, cobalah untuk mengurangi kecepatan dan memberinya kesempatan untuk menghindar daripada pengendara tersebut menghindar pada saat kita sedang melintas di sebelahnya. Terlepas siapa yang benar dan yang salah, kita tetap saja terlibat dalam kecelakaan.

Demikian beberapa hal yang bisa jadi acuan Anda, tetap waspada dan bertindak aman untuk diri kita dan orang lain pengguna jalan raya. Karena keselamatan harus kita utamakan.

Sumber: motodream