Tips Hilangkan Goresan Pada Visor Helm


Baret atau goresan pada permukaan visor helm dapat mengurangi visibilitas kita saat mengendarai motor. Terlebih pada saat musim hujan, visor helm yang sudah banyak goresan akan menyulitkan kita untuk melihat benda-benda atau orang di sekitar. Imbasnya, bukan hanya keselamatan diri sendiri yang terancam, tapi juga keselamatan orang di sekitar kita.

Baret/goresan pada kaca helm biasanya memang sering terjadi. Pasalnya, kita sering tidak menyadari bahwa pada saat musim hujan helm yang basah dan kotor berpotensi besar menimbulkan goresan. Kotoran dari lumpur akibat cipratan dari kendaraan lain mengandung partikel halus yang jika dilap pada saat helm sudah kering bisa menimbulkan baret.

Bukan hanya mengganggu visibilitas pada saat musim hujan, baret/goresan pada visor helm juga akan membuat cahaya lampu dari kendaraan di depan akan membias dan membuat mata silau. Nah, untuk menghilangkan goresan/baret pada kaca (visor) helm, ikuti beberapa tips berikut :

  1. Lepaskan visor (kaca) dari helm-nya.
  2. Siapkan amplas paling halus (1.500 – 2.200 SW), sabun cair/sampo rambut, kain lap katun, dan cairan poles (white compound).
  3. Cucilah visor helm dengan air sabun dan upayakan membilasnya dibawah air mengalir supaya kotoran yang masih menempel lebih cepat terlepas.
  4. Permukaan visor yang masih basah lalu diamplas secara perlahan-lahan sembari diguyur dengan air sabun/air yang mengalir. Lakukan terus tahap ini, terutama pada bagian-bagian visor yang memiliki banyak goresan.
  5. Visor/kaca helm yang sudah diampelas akan terlihat kusam. Jangan panik, keringkan visor helm terlebih dahulu, lalu poles bagian kusam tadi dengan white compound. Gunakan kain katun yang halus untuk mempraktikkan hal tersebut. Lakukan proses ini sampai baret/goresan pada visor helm tidak tampak lagi.
  6. Untuk menguji apakah helm tahan amplas atau tidak, cobalah untuk mengamplas sedikit di bagian pojok visor (dekat engsel). Jika tahan amplas, kemudian lanjutkan proses di atas ke bagian tengah visor.

Nah, itu dia beberapa tips sederhana untuk menghilangkan goresan atau baret pada visor helm. Semoga bermanfaat untuk keselamatan berkendara, dan pastikan untuk menggunakan helm yang sudah berstiker SNI yach!

Sumber : gethomesafely