Kopi Kualitas Terbaik Adanya di Indonesia Bro!

Siapa yang tidak mengenal minuman Kopi? Jenis minuman ini paling diminati tatkala tubuh terasa dingin, atau hanya sekedar untuk melepas  rasa kantuk dan relaksasi terutama bagi para pengendara kendaraan bermotor 😀

Namun tahukah Biker semua Kopi terbaik itu adanya di Indonesia? Indonesia menjadi penghasil kopi arabika terbaik di dunia dan sebagai penghasil kopi robusta terbaik ke dua dunia setelah Vietnam.

Total produksi kopi Indonesia mencapai 700.000 ton per tahun. Namun, dari jumlah tersebut sebanyak 80% kopi robusta di ekspor dan sebanyak 90% kopi arabika untuk pasar ekspor.

Kopi arabika yang telah mempunyai nama di dunia antara lain kopi Aceh Gayo, kopi Sumatra, kopi Java dari Jawa Timur, Bali dan Flores. Saat ini, di wilayah timur Indonesia  sedang dikembangkan kopi arabika Papua. Namun, hasil peroduksi di sana masih terkendala dalam pemasarannya karena faktor infrastruktur Papua.

Pada umumnya, kopi spesial Indonesia memiliki full body dan tingkat keasaman yang relatif rendah. Setiap kawasan dikenal dengan profil cupping-nya yang khas, walaupun dalam satu wilayah pun masih dapat ditemukan keanekaragaman di antaranya seperti berikut ini:

  • Kopi Sumatera dengan aroma yang kuat dan cita rasa kakao, tanah serta tembakau.
  • Kopi Java dengan rasa yang nyaman, heavy body dan rasa akhir yang bertahan serta cita rasa herbal.
  • Kopi Bali terasa lebih manis dari kopi Indonesia lainnya, dengan cita rasa kacang dan jeruk.
  • Kopi Sulawesi memiliki tingkat kemanisan dan body yang baik, dengan cita rasa rempah yang hangat.
  • Kopi Flores memiliki rasa heavy body, manis, cita rasa coklat dan tembakau.
  • Kopi Papua terasa heavy body, coklat, tanah, dan finish rempah.

Aroma kopi Indonesia tersebut berbeda karena berbagai alasan. Variabel yang paling berpengaruh adalah jenis tanah, ketinggian permukaan tanah, varietas kopi, metode pengolahan dan penyimpanan. Kombinasi faktor-faktor alam dan manusia tersebut menghasilkan terroir atau rasa lokal yang  khas untuk setiap jenis kopi.

Hampir semua kopi Indonesia memiliki rasa yang spesial. Semua harga ekspor kopi Indonesia berada pada level premium di atas harga kopi dari Brasil,” papar Ketua SCAI Leman Pahlevi.

Oleh sebab itu, profesi seseorang peracik atau barista di belakang meja untuk mengolah capucino, expresso, late maupun ice blanded diharapkan dapat mempopulerkan kembali kopi lokal. Para barista diharapkan bisa menularkan teknik meracik kopi yang tidak hanya seperti kopi tubruk.

Sumber : kabar24