Apa Rahasia Yamaha X-Ride Lebih Kencang dan Responsif??

Satu lagi varian motor matik terbaru Yamaha hadir. Dengan desain yang baru matik anyar ini diberi nama Yamaha X-Ride. Matik yang didesain khusus dengan konsep adventure ini memang cukup menarik perhatian. Dengan kondisi jalan Jakarta yang kerap rusak dan berlubang, X-Ride bisa dibilang jawabannya.

Dengan dibekali mesin 115cc dengan menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, dan berpendingin kipas sehingga menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 RPM. X-Ride yang memilki konsep apik bisa diajak ngebut juga. Selain jalanan lurus, motor ini mampu melahap jalan rusak dan menanjak. Namun dibalik modelnya yang trendy, matik ini juga cukup lincah.

Apa rahasianya? Menurut GM Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhammad Abidin, X-Ride dibekali roller yang lebih kecil yakni 8 gram. Dengan ukuran tersebut, motor ini jadi lebih lincah dan galak pada putaran bawah. Selain itu, X-Ride turut dibekali dengan YMJET FI  sehingga lebih irit 30 persen namun tetap kencang.

Mengusung teknologi YMJET-FI dan gunakan roller yang kecil tarikan motor ini lebih responsif,” ujar M Abidin di sela-sela Launching Yamaha X-Ride, di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Mesin X-Ride memang sama seperti Soul GT tapi Yamaha mengubahnya agar akselerasi awal lebih kenceng. Perbedaan tenaga dengan Soul GT 5 persen lebih meningkat dimana kecepatan maksimalnya naik 2 persen. Akselerasi bawah dan tarikannya lebih spontan pada jarak 0-50 meter. Mudah dikendarai di kota karena bobot ringan dan bodi ramping dengan handling yang nyaman.

Tambahan lainnya adalah Forged Piston dan DiaSil Cylinder. Karena itu, Yamaha X-Ride sampai diberi jaminan mesin sampai lima tahun.

Sumber : motodream