Waspada!4 Aksesoris Motor Ini Bisa Bikin Bahaya Dikala Hujan!

Di Jakarta dan sekitarnya begitupun di beberapa daerah lainnya di Indonesia, intensitas hujan masih tinggi. Hampir setiap hari kita semua harus dihadapi dengan turunnya air hujan.

Hal ini pastinya akan membuat biker repot terutama bagi para bikers sejati yang memiliki motor dengan penuh aksesoris. Memang motor yang dihiasi aksesoris after market maupun part khusus akan terlihat lebih ciamik apalagi jika terus dirawat, motor akan menjadi pusat perhatian di jalan.

Namun, buat pecinta roda dua yang menggunakan aksesoris harus tetap ekstra waspada jika musim hujan seperti ini. Jika tidak berhati-hati maka musibah akan mengintai biker secara perlahan. Jangan sampai dech! 🙁

Berikut ini beberapa aksesoris dan part khusus pada si kuda besi yang harus diperhatikan keamanannya bila digunakan saat musim hujan:

1. Ban Tipis dan kecil

Belakangan ini sering kita lihat biker yang menggunakan ban kecil, tipis dan off road. Untuk ban kecil dan tipis pastinya dapat  membahayakan jika musim hujan seperti ini. Motor akan mudah tergelincir juga mudah hilang keseimbangan.

Permukaan ban yang kecil itu otomatis memiliki daya cengkraman yang kecil. Apalagi pada musim hujan,” tutur salah seorang mekanik bengkel umum di Jakarta.

Bahaya yang kedua yakni saat menerjang lubang yang tergenang oleh air. Motor akan lebih mudah jatuh. Hal ini karena dengan ukuran ban yang kecil dan tipis tidak dapat meredam guncangan dengan baik sehingga hilang keseimbangan.

Sementara untuk ban dengan model off road. Jika digunakan di aspal ataupun beton daya cengkramnya kurang baik. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini, motor akan mudah tergelincir.

Ban off road itu kan cocok untuk di jalan tanah. Kalau di aspal atau beton cengkramannya kurang,” tambahnya lagi.

2. Grip setang dari logam

Selain banyak yang menggunakan ban tipis dan kecil, para bikers yang doyan memasang aksesoris juga pasti suka memasang selongsong grip setang yang terbuat dari logam. Karena dari segi tampilan saja sudah menarik apalagi bila dipakai dimusim kemarau pancaran logamnya dapat mencuri perhatian motor di sekelilingnya.

Tapi ternyata aksesoris ini kurang cocok jika digunakan saat musim hujan. Karena piranti ini menjadi licin akibat pertemuan antara air hujan dengan logam.

Tidak sedikit para bikers di Indonesia mengalami kecelakaan akibat hal sepele ini. Sebab jika tidak kuat memegang selongsongannya maka motor akan mudah tercelincir ataupun jatuh saat menghantam lubang baik kecil ataupun besar.

Ada baiknya kalau musim hujan seperti ini menggantinya dulu untuk sementara dengan selongsong bawaan pabrikan atau yang berbahan karet,” sarannya.

 3. Footpeg dari logam

Memiliki tunggangan ciamik pasti idaman semua orang. Tak jarang para bikers juga memasang aksesoris pada bagian footpeg yang terbuat dari bahan logam. Itu dilakukan seolah ingin mempercantik tampilan motornya.

Memang tidak ada yang salah untuk melakukan hal itu, tapi ada baiknya jika musim hujan seperti ini disarankan untuk menghindari aksesoris yang berbahan logam. Karena berbahaya,terutama pada bagian footpeg. Pijakan kaki si pengendara jadi licin.

Bahayanya, jika berada dalam kecepatan tinggi dan harus dihadapkan dengan lubang atau genangan air maka otomatis kaki akan mudah terpeleset.

4. Menggunakan lampu HID Putih

Para bikers sejati yang doyan aksesoris juga sering mengaplikasikan lampu HID berwarna putih pada motornya. Ini dilakukan untuk mengejar gaya. Memang jika digunakan di malam hari dan didukung cuaca yang bagus lampu HID putih ini akan jauh lebih menarik.

Tapi jika musim hujan apakah akan tetap aman?

Sebaiknya hindari dulu jika musim hujan. Sebab saat hujan sinar yang dihasilkan lampu itu tidak akan menembus dengan jauh. Alhasil jarak pandang pun tidak akan jauh,” lanjut mekanik yang berusia 32 tahun itu.

Menurutnya tidak ada salahnya menggunakan lampu HID saat musim hujan. Tapi ia menyarankan jika musim hujan pilih lampu HID berwarna kuning dan memiliki spesifikasi 43000k.

Kalau warnanya sedikit menguning masih bisa menembus derasnya air hujan. Beda dengan lampu yang warna putih,” tandasnya.

Kini semua dapat mulai ekstra waspada saat musim hujan seperti ini. Terutama bagi para bikers yang hobi mengaplikasikan aksesoris. Bukannya hal tersebut dilarang, tapi disarankan untuk lebih safety lagi dalam berkendara di musim hujan.

Sumber : Detik Oto