Bahaya!!!Jas Ponco Bisa Nyangkut ke Dalam Roda Atau Jari-Jari!

Jas hujan model ponco atau Batman memang jauh lebih praktis ketimbang jas hujan model baju. Dari segi kapasitas jas hujan ponco juga jauh lebih besar. Tapi keleluasaannya itu yang terkadang menjadi boomerang bagi si pengendara.

Kalau jas hujannya sampai tersangkut ke roda atau ke jari-jari maka akan membahayakan pengendara motor itu sendiri. Akibatnya bisa jatuh dan tertabrak motor atau mobil yang ada di belakangnya.

Menurut Kasubdit Penegakan Hukum (Gakum) Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Hindarsono, sebenarnya bukannya tidak boleh menggunakan jas hujan ponco, tapi jika masih nyaman maka ada baiknya kelebihan ukuran jas hujannya dipotong saja atau disesuaikan dengan badan.

Sebenarnya boleh-boleh saja, asal dipotong agar tidak panjang. Yang jadi masalah itu sebenarnya yang panjang dan bisa masuk ke dalam roda atau jari-jari,” kata AKBP Hindarsono.

Hal yang mendasari terjadinya kecelakaan akibat menggunakan jas hujan model ponco adalah kelebihan ukuran jas hujan tersebut. Akibatnya jika ada angin kencang pengendara akan kehilangan keseimbangan dan bisa masuk atau tertarik ke roda dan jari-jari.

Kalau tidak panjang atau tidak berlebihan maka sebenarnya aman-aman saja menggunakan jas hujan ponco. Tapi alangkah baiknya meski tetap bisa dipotong ada ada baiknya menggunakan jas hujan model baju atau celana saja,” tandasnya.

Ada baiknya pengguna sepeda motor di Jakarta atau di manapun berada agar meninggalkan pemakaian jas hujan model ponco dan beralih menggunakan jas hujan model baju atau celana. Jas hujan ponco itu sangat berbahaya,” tegasnya lagi.

Bahayanya, pengguna motor yang menggunakan jas hujan model ponco itu saat terjadi angin kencang atau hujan deras. Jas hujan dibagian bawahnya bisa tersangkut ke roda belakang atau rantai sehingga mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Fatalnya pengendara bisa meninggal dunia. Ngerii..BroSies !!! ๐Ÿ™ ๐Ÿ™ ๐Ÿ™

Jas hujan ponco itu kalau kena angin akan gerak-gerak dan bisa masuk ke roda. Itu sangat berbahaya,” timpalnya.

Jadi ada baiknya menurut AKBP Hindarsono setiap pengendara motor jika hujan turun maka selalu gunakan jas hujan model baju atau celana.

“Kalau pakai jas hujan model baju atau celana kan tidak ada bagian samping jas yang berkibar-kibar. Jadi lebih aman menggunakan jas hujan model baju daripada jas hujan model ponco,” tandasnya.

Sumber : DetikOto