Abad 21, Era Kebangkitan Kaum Muda!

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkapkan jika abad 21 menjadi era kebangkitan bagi para kawula muda. Ungkapan yang diucapkannya seiring dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-105, Senin 20 Mei.

SBY pun mengajak kaum muda untuk bangkit menyongsong abad 21 dengan optimisme, bahwa seluruh bangsa Indonesia mampu menyongsong abad 21 menghadapi tantangan-tantangannya.

Kebangkitan nasional era kini adalah kebangkitan kaum muda songsong abad 21. Kita harus bisa! #IndonesiaBisa,” demikian tulis Presiden SBY melalui akun twitternya @SBYudhoyono, seperti dikutip dari laman Setkab, Senin (20/5/2013).

Di sisi lain, SBY menegaskan logo peringatan ke-105 tahun Hari Kebangitan Nasional 2013 adalah “105 Tahun Kebangkitan Nasional. Indonesia Bisa!“.

Sekadar informasi, di Kompleks Istana Kepresidenan sendiri berlangsung Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang dipimpin oleh Sekretaris Menteri Sekretaris Negara Lambok V Nahattands, sebagai inspektur upacara.

Upacara bendera meliputi pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan Cipta, pembacaan Pancasila, Pembukaan UUD 1945.

Kemudian dilanjutkan pembacaan naskah pidato Menteri Komunikasi dan Informatika menyambut 105 Tahun Peringatan Hari Kebangkitan Nasional oleh Inspektur Upacara.

Hari Kebangkitan Nasional ke-105 Tahun 2013 bertema “Dengan Semangat Kebangkitan Nasional, Kita Wujudkan Demokrasi Berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 Menuju Indonesia Yang Manu dan Modern Dalam Bingkai NKRI“. Berslogan Indonesia Jaya, Indonesia Maju dan Modern.

Tujuan dari peringatan Harkitnas 2013 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan dalam bingkai NKRI

Sumber : okezone