Uji Ketangguhan Yamaha Force di Berbagai Medan

Untuk menguji ketangguhan motor bebek berkekuatan 115cc itu, wartawan kembali di undang untuk menggeber menuju Guci, Tegal Jawa Tengah. Acara sendiri berlangsung pada Sabtu (22/06) kemarin. Test ride ini juga sekaligus sebagai peluncuran Yamaha Force di Tegal. Kemudian, wartawan langsung gaspol menuju lokasi pemandian air panas di Guci, Tegal.

Medan lurus, berkelok, jalan rusak sampai tanjakan tidak mempengaruhi responsibilitas salah satu varian bebek terbaru ini. Test ride sendiri dibagi menjadi dua kelompok:

  • Kelompok pertama dengan rute perkotaan dari Hotel Plaza menuju diler Yamaha Agung di Slawi Jawa Tengah.
  • Sedangkan kelompok kedua mengambil rute dari diler menuju wisata pemandian air panas di kawasan Pegunungan Guci. Saat melintasi kemacetan, motor ini mampu meliuk sempurna tanpa kendala. Mesin yang responsif dan bodi ramping menjadi nilai plus lainnya yang ditawarkan motor ini.

Motor bebek yang dibanderol seharga 13,3 juta rupiah ini kemudian mampu menembus jalan tanjakan dengan mulus. Pada putaran bawah akselerasi motor ini cukup responsif dengan perpindahan gigi yang terasa cukup halus. Mesin empat langkah, dua valve SOHC berpendingin udara silinder tunggal berkapasitas 114cc ini. Yamaha Force memang mengedepankan torsi yang maksimal dan sangat irit. Sementara saat melintasi medan turunan, rem cakram mampu meredam laju kendaraan dengan sempurna.

Secara keseluruhan memang tidak berlebihan jika motor ini memang bisa digunakan untuk jalan lurus dan menanjak. Piranti shock depan dan belakang juga apik meredam motor dari jalanan berlubang. Yamaha Force dilengkapi dengan sistem injeksi dan low friction technology, jadi konsumsi bahan bakar Yamaha Force ini lebih irit.  Menurut hasil tes dari Tim R&D Yamaha, Force memiliki konsumsi bahan bakar 1:52 atau 1 liter untuk 52 km. Selain test ride Yamaha Force, peluncuran juga dilakukan di lapangan Kali Bliruk Tegal. Berbagai games disajikan disamping test ride, safety riding for kids, booth Yamaha, bazzar, live music yang diramaikan oleh Teamlo dan Wali Band.

Sumber : motodream