Akselerasi Yamaha X-Ride, Segesit Apa?

Dalam kesempatan kali ini,alat yang dipercaya untuk mengukur akselerasi dari Yamaha X-Ride adalah race Logic Performance Box. Masalah catu daya menggunakan Power Port yang dicatu langsung ke Aki. Pada gambar di atas, Performance Box di masukkan ke dalam tas kecil!

Proses pengambilan datanya adalah dengan melakukan  “tekan rem belakang kuat kuat, mulai tarik gas sedikit demi sedikit, tahan ketika rem mulai akan kalah, ketika jalanan aman buka rem dan X-ride pun melaju, lalu biarkan Performance Box Mengukur berdasarkan data GPS externalnya“!.

Total sebanyak 7 kali melakukan drag ini hasilnya berbeda-beda, dan akselerasi tercepat diperoleh pada percobaan ke-4 dimana akselerasi 0 – 60 km/jam diraih dalam 7,91 detik.

Jika dilakukan analisis kunci dari akselerasi tercepat ini adalah data 0 – 10 km/jam yang tercatat pada percobaan keempat ini diperoleh dalam waktu 0,67 detik dan ini paling cepat dibanding 6 percobaan yang lainnya.

Jika dilihat grafik di atas maka terlihat nilai akselerasi  0-10 km/jam adalah sekitar 4,145 m/s2 lalu untuk 0-20km/jam adalah 3,85 m/s2 untuk 0-30 km/jam adalah 3,29 m/s2 untuk  akselerasi 0-40 km/jam adalah sebesar  2,89 m/s2. Akselarasi 0-50 km/jam sebsar 2,46 m/s2 dan 0-60 km/jam adalah sebesar 2,1 m/s2.

Nilai akselerasi dihitung menggunakan hukum fisika : Akselerasi = Perbedaan kecepatan/ waktu tempuh.
Terlihat akselerasi tertinggi adalah di awal, sepertinya memang X-Ride ini mementingkan torsi awal karena peruntukannya memang untuk kegiatan cross Over 🙂

Sumber : tmcblog