Tidur Setelah Sahur? Boleh Atau Tidak?

Tidur setelah sahur memang nikmat, tapi ada yang perlu di perhatikan Bro!

Aduh, setelah sahur dan sholat subuh, rasanya mengantuk dan ingin tidur

Siapa di antara Biker yang manjalankan ibadah puasa yang sering mengalami hal di atas? Seringkali memang kita mengalami ngantuk setelah sahur. Penyebabnya seringkali karena jam tidur yang terpotong karena sahur. Namun, jangan menyesali jam tidur yang terpotong tersebut, karena pada bulan ini, semua kegiatan positif kita bisa menjadi tambahan nilai ibadah.

Sebenarnya, bolehkah kita tidur setelah sahur? Hal tersebut memang sering menjadi pertanyaan banyak orang. Berikut ini beberapa alasan mengapa kita boleh dan mengapa tidak sebaiknya tidur.

  • Jangan Tidur

Ditinjau dari aspek kesehatan, sudah menjadi pelajaran lawas bahwa tidur setelah makan memang bisa menyebabkan perut buncit. Banyak orang yang menghindari tidur setelah makan karena takut gemuk.

Namun, sebenarnya hal ini berkaitan dengan sistem pencernaan yang terhambat ketika kita tidur-tiduran setelah makan. Selain itu, makanan yang belum sempurna dicerna, bisa kembali lagi ke kerongkongan. Hal inilah yang bisa menyebabkan asam lambung.

Bila ditinjau dari hadist, memang ada dalil yang menyebutkan bahwa sebaiknya muslim melakukan sholat dan dzikir daripada tidur. Hal ini agar makanan kita tetap dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan hati kita menjadi lembut karena berdoa.

  • Boleh Tidur

Biker boleh tidur dengan jeda yang cukup jauh dari jam makan sahur. Misalnya Biker berhenti makan sahur 1-2 jam sebelum tidur, saat itu kiranya pencernaan sudah mendapat cukup waktu untuk melakukan pekerjaannya. Selain itu, bila memang kurang tidur di malam harinya, sebaiknya beristirahat maksimal dua jam.

Agar tidur lebih nyaman, perhatikan pula makanan yang dikonsumsi. Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu berat karena bisa membuat pencernaan Biker bekerja lebih keras dan Biker terlalu kenyang saat tidur.

Bagi beberapa orang, tidur setelah makan bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas. Hal ini karena selama kita tidur, tubuh juga mulai kehilangan cairan. Sebenarnya, beraktivitas sejenak lebih dianjurkan, namun bila diperlukan sebaiknya tidur secukupnya.

Nah, sekarang keputusan atau tidur ada di tangan Biker. Yang penting tidak mengganggu kualitas puasa dan kesehatan Biker yupz..!

Semoga artikel di atas berguna 😉

Sumber : vemale

%d blogger menyukai ini: