Performa Yamaha M1 Meningkat, Lorenzo pun Juara

Misano – Jorge Lorenzo berhasil menjuarai seri MotoGP San Marino setelah mengalahkan duo Honda. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada timnya yang berhasil membuat motornya lebih baik.

Di sirkuit Misano, Minggu (15/92013) malam WIB, Lorenzo mengemas kemenangan kelimanya musim ini dan sedikit memperpendek jarak dengan pemimpin klasemen, Marc Marquez. Kini pebalap Yamaha Factory itu menempati posisi dua dengan poin 219, jumlah yang sama dengan Dani Pedrosa, sementara Marquez punya nilai 253.

Terkait balapan, pria asal Spanyol itu mengaku senang timnya mampu membuat perubahan penting pada YZR-M1nya. Seperti diketahui sebelumnya, Lorenzo sempat mengeluhkan masalah pada pengereman dan banyaknya slip ketika melakukan akselerasi sepanjang latihan bebas dan kualifikasi, sementara Marquez tampil begitu baik.

“Penting untuk meraih kemenangan, karena kami tidak kehilangan angka meski kami hanya mendekat lima poin, jadi ini sama seperti di Silverstone. Hasil ini tidak membuat perbedaan besar di klasemen kejuaraan. Tapi saya sangat senang dengan kemenangan ini karena kami mengalami kesulitan sepanjang akhir pekan terutama pada pengereman,” ujar Lorenzo di situs resmi MotoGP.

“Kami membuat beberapa perubahan pada motor di sesi pagi dan itu benar-benar membuat perbedaan besar. Jadi saya memutuskan untuk melakukan balapan dengan strategi yang sama dengan empat atau lima balapan terakhir dan saya mampu untuk melakukannya kali ini, yakni untuk melaju dengan grup terdepan sejak start,” tambahnya.

“Ini adalah balapan yang berat secara fisik karena Pedrosa dan Marquez tidak pernah menyerah, laju mereka sangat konstan. Saya benar-benar ingin mengucapkan terima kasih kepada tim saya karena mereka meningkatkan performa motor secara signifikan untuk balapan ini,” tutur pebalap 26 tahun ini.

Dengan selisih 34 angka dari Marquez dan jumlah balapan tinggal menyisakan lima seri lagi, Lorenzo masih punya tugas berat mengumpulkan poin demi poin maksimal guna menjaga kansnya mempertahankan gelar. Seri berikutnya akan digelar di sirkuit Aragon, Spanyol, pada 29 September.

sumber