Valentino Rossi Daftarkan Tim di Moto3 untuk 2014

ITALIA, KOMPAS.com – Valentino Rossi akan ikut balapan Moto3 pada musim 2014. Bukan dia yang akan turun membalap, tetapi timnya, “VR46”. Pebalap tim ini adalah Romano Fenati, dan mungkin adik tirinya, Luca Marini, dengan mengunakan mesin motor KTM.

Fenati saat ini membalap di kelas Moto3 untuk tim Italia dengan mengendarai FTR Honda. Pebalap 17 tahun tersebut untuk sementara berada di urutan 15 klasemen. Sementara Marini saat ini berada di urutan dua Moto3 Italia, dan melakukan debut Moto3 di GP San Marino, dua pekan lalu, dengan fasilitas wild card.

Rumor bahwa Rossi akan memiliki tim Moto3 sudah beredar beberapa bulan lalu. Tetapi pada Agustus, juara dunia tujuh kali di kelas primer ini membantah dan mengatakan bahwa dia hanya membentuk “VR46 Rider Academy”, dengan program mengembangkan pebalap-pebalap muda Italia.

Sky Italia akan menjadi sponsor tim ini. “Kami bekerja sama dengan Sky untuk memberi pebalap muda Italia kesempatan menjadi kompetitif dan meraih level yang lebih tinggi,” kata Rossi.

Tim yang berharap untuk ikut berkompetisi di kelas Moto2 atau Moto3 musim depan, memasukkan pendaftaran mereka di San Marino. Detail peserta untuk musim 2014 akan diumumkan setelah rapat seleksi di GP Malaysia, Oktober mendatang.

VR46 juga sudah mengajukan melakukan pendaftaran ke badan resmi MotoGP, FIM, dan pemegang hak siar MotoGP, Dorna, untuk bisa berpartisipasi pada musim depan.

sumber