MotoGP di Jakarta ? Mungkin ga ya ???

Bro sist sekalian..baru baru ini gubernur DKI Jakarta Bapak Joko Widodo atau yang sering disapa Jokowi mewacanakan event internasional yang tentunya sudah diidam-idamkan para penggemarnya sejak dulu. Iya, MOTOGP di JAKARTA masbrooo !

Balapan MotoGP juga pernah di gelar di sirkuit sentul tahun 1996-1997 silam, waktu itu masih jaman kejayaanya Mick Dohaan dan Valentino Rossi masih di kelas capung alias 125cc masbro.

Akhirnya impian kita menonton para maestro balap seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Marc Marquez dan maestro balap yang lainnya tanpa harus pergi keluar negeri terhembus angin segar berkat wacana orang nomor satu di Jakarta ini.

TAPI, eits ada tapinya 😀

Seperti yang diungkapkan juga oleh Bapak Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Bapak Arie Budiman : Grand prix itu yang memungkinkan MotoGP, kalau Formula 1 masih jauh. Kan nggak harus sirkuit, menarik juga kalau di jalan, kayak di Monaco, Singapura. Formula 1 di jalan di Jakarta bisa juga, tapi bukan F1,

hmmm..di jalan raya ? memungkinkan kah ?

setelah di telusuri oleh juragan Taufik di salah satu postingan di TMCBlog, beliau menyimpulkan bahwa gelaran MotoGP di jalanan Jakarta TIDAK MEMUNGKINKAN !

LOH, KENAPA TIDAK MEMUNGKINKAN ?? eh sorry capslock barusan jebol…jadi gini ceritanya *sruput kopi*

Setelah mengetahui wacana Pak Jokowi mengenai gelaran MotoGP, juragan Taufik mengirim email berupa pertanyaan yang intinya “mungkin gak sih, MotoGP diadain di jalanan?” LANGSUNG ke DORNA SPORT selaku EO MotoGP.

Dan hasilnya ? sangat disayangkan ternyata Dorna Sport menegaskan bahwa tidak memungkinkan untuk menyelenggarakan balap motor khususnya MotoGP di jalanan umum.

Terkait keselamatan, balapan MotoGP di jalan raya jauh dari kata aman. Tidak seperti F1 yang mengadakan balapan di jalanan macam Monaco / Singapura, karena tingkat keselamatan pembalap F1 jauh lebih tinggi dari pada pembalap MotoGP yang hanya dilindungi oleh safety gear yang menempel di para tubuh pembalap. Ya iyalah, sirkuit Sentul yang notabene “Sirkuit Internasional” aja di tolak Dorna, apalagi di jalanan 😀

Bukannya apa-apa, kalo lagi balapan tiba-tiba ada ayam terbang kan berabe

 

Akhir kata, salut buat Bapak Gubernur DKI yang berniat baik mendatangkan balapan MotoGP ke Indonesia Raya ini, semoga bukan sekedar wacana belaka ya pak, bangun sirkuit internasional yang berkualitas yang memungkinkan Dorna untuk jatuh hati mengadakan balapan di Indonesia.

 

oleh @deblacklisto