Tips Ringan Merawat Klakson Motor


JAKARTA, ME. Klakson merupakan salah satu instrumen penting dalam kenyamanan dan keamanan berkendara bradsis. Dengan alat tersebut, kita bisa berkomunikasi dengan pengendara lain, terutama buat ngasih tau posisi kita. Tapi kalo klakson loe bisu bin gagu alias gak ada suaranya, wah rebek (repot) banget, dah. Pastinya, ada yang gak beres tuh, bradsis. Nah biar klakson loe tetap bisa ngegonggong, ME kasih tips cara ngerawatnya. Guk…guk… e-eh, tin-tin…toet..toet

***************

Sebagai Isyarat Ke Pengendara Lain

Kadang selain untuk berkomunikasi dengan pengendara lain, klakson juga bisa sebagai isyarat untuk meminta celah di saat kemacetan atau nyalip, bradsis. Apalagi mau memasuki liburan Hari Raya Idul Fitri nih, pasti jalanan bakalan macet oleh para motorexpertiz  yang wara–wiri atau melakukan perjalanan jauh dan fungsi klakson akan sangat dibutuhkan. Agar tetap berfungsi dengan baik, coba perhatikan tips berikut ini.

1. Cek Arus Listrik

Periksa aki motor loe dulu bradsis, mungkin saja aliran listrik dari aki gak ada arus atau daya buat membunyikan klakson. Bisa aki ngedrop, atau memang jalur suply listrik putus. Makanya cek juga sambungan kabel ke arah klakson loe menggunakan test-pen. Pastikan enggak ada soket atau sambungan kabel yang lepas atau copot.

2. Bersihkan Tombol Klakson

Kadang tombol klakson juga bisa terjadi korosi atau berkarat bradsis, itu juga salah satu penyebab klakson gak berfungsi sempurna. Coba loe bersihkan dengan semprotan cairan anti karat atau penetran, lalu mainkan tombol klaksonnya, agar cairan lebih meresap ke dalam.Biasanya sih, bagian ini dihinggapi kotoran dan karat.

3. Cek Bodi Klakson

Di bagian bodi kadang banyak kotoran yang menempel nih bradsis, apalagi soketnya kadang juga mudah berkarat. Coba loe bersihkan bodi klakson dengan cairan anti karat juga bradsis. Dan jika soketnya mulai berkarat coba bersihkan dengan ampelas halus, agar karat menghilang dan aliran listrik makin lancar menuju bodi klakson.

Nah, jika klakson loe tetap berfungsi dengan normal, tetap santun juga menggunakannya bradsis. Kadang jika loe berlebihan, pengendara di sekitar loe malah kesel bahkan gak menghiraukan keberadaan loe. Semoga bermanfaat dan tetap hormati pengguna jalan lain.

sumber