Facebook Beli WhatsApp Senilai US$19 Miliar

TEMPO.COSan Francisco–Facebook dikabarkan telah setuju untuk membeli WhatsApp senilai US$ 19 miliar. Menurut jaringan sosial media terbesar ini, Rabu 19 Februari 2014, mereka akan membelinya dengan cara tunai dan dalam bentuk saham.

Nantinya pemilik WhatsApp akan mendapatkan US$ 4 miliar  dalam bentuk tunai dan US$12 miliar dalam bentuk saham di Facebook. Sebagai tambahan, saham senilai US$ 3 miliar akan diberikan kepada pemilik dan karyawan peluncur WhatsApp. Unit saham ini akan diberikan setelah 4 tahun kontrak disetujui.

Dalam pernyataanya, Facebook menyebutkan kombinasi ini akan membantu mengakselerasi pertumbuhan dan pengguna kedua media ini. “WhatsApp telah menghubungkan 1 miliar orang. Layanan yang sudah mencapai sebanyak itu memiliki nilai besar. Aku sudah mengenal Jan sejak lama dan aku senang berpasangan dengannya dan timnya untuk membuat dunia lebih terbuka dan terhubung,” ujar Mark Zuckerberg, penemu Facebook, dalam pernyataannya.

Dalam pernyataan itu juga disebutkan Jan Koum, penemu dan pemilik WhatsApp akan bergabung dalam jajaran direksi Facebook. Nantinya produk pengiriman pesan WhatsApp dan Facebook akan beroperasi sebagi aplikasi terpisah.

sumber