Mau upgrade Yamaha V-Ixion jadi Yamaha R15 ? BISA !

Jakarta -Motor sport full fairing milik Yamaha, R15 memiliki tampang yang sangat menggoda. Para pemilik V-Ixion pun ternyata sudah ada yang berpikir untuk menjadikan V-Ixion mereka menjadi R15. Hmm, apakah bisa?

V-Ixion dan R15 memang saudara dekat. Keduanya dibangun dari platform yang sama. Bahkan mesin keduanya juga sama.

Perbedaan paling mencolok tentu saja ditampilan body-nya. V-Ixion mengambil tema naked bike, sementara R15 punya full fairing.

Pemilik V-Ixion pun kini ada yg mulai berpikir untuk menjadikan motor mereka ala R15. Dan ternyata, menurut GM Service & Motor Sport Yamaha Indonesia, M Abidin hal itu bisa dilakukan.

“Kalau yang punya V-Ixion mau motornya dibikin jadi seperti R15 bisa saja, tapi tidak benar-benar sama. Itu pun kira-kira butuh sekitar Rp 10 jutaan,” katanya.

Dana sebesar itu menurut Abidin diperlukan untuk membeli fairing, arm, disk pada rem belakang hingga transmisi 6-speed untuk menggantikan transmisi 5-speed milik V-Ixion.

“Hanya satu yang tidak bisa disamakan. ECU. Karena karakter keduanya memang beda,” tambah Abidin.

R15 sendiri hadir semalam dengan desain body yang mengadopsi DNA R-Series yang sporty dengan lampu utama ganda yang tajam (dual furious headlight), bodi belakang runcing dan tajam, fairing aerodinamis yang kekar, dan pengendalian yang mantap.

Rear arm R15 berbahan alumunium, merupakan yang pertama dan satu-satunya yang ada pada motor sport di Indonesia. Ini seperti yang digunakan di MotoGP. Pengendara pun dapat merasakan sensasi naik motor super sport saat mengendarai R15.

Sementara untuk jantungnya, mesin R15 berkapasitas 150 cc, 6 percepatan, berpendingin cairan, 4 katup, juga unggul untuk speed sensor, radiator, O2 sensor, ECU (Electronic Control Unit), berteknologi DiASil Cylinder, forged piston, Fuel Injection dan low friction technology.

sumber