Jadi Produk Global, Cat Bodi Yamaha R25 Pakai Spek Eropa Bro!

Jakarta – Enaknya jadi negara produsen produk global adalah spesifikasi yang didapat bisa sama seperti negara maju yang jadi tujuan ekspor. Salah satunya adalah motor sport Yamaha R25 yang diklaim memiliki teknologi pengecatan berbeda dari standar Asia.

“Untuk pengecatan bodi, kami memakai sistem Painting Electro Deposition Coating yang biasa hadir di produk otomotif untuk pasar Eropa dan Amerika. Ini sedikit over spek bagi Asia,” ujar Dirdhana dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Menurutnya, aplikasi sistem Painting Electro Deposition Coating dengan memanfaatkan pemindahan molekul melalui sistem elektrik.

Tujuannya agar lapisan cat dilakukan untuk mengikat lapisan cat lebih baik. “Di negara Eropa dan Amerika kan ada musim salju. Biasanya, agar salju di jalanan cepat cair, maka ditaburi garam. Nah, garam itulah yang bakal merusak lapisan cat di bodi kendaraan. Tapi dengan metode Painting Electro Deposition Coating, kerusakan lapisan cat bisa dihindari,” jelasnya.

Keunggulan ini tentunya menyempurnakan desain bodinya yang sporty. Fairing begitu aerodinamis dengan garis mirip YZF-R1. Tangkinya yang berkondom plastik berpunuk cukup tinggi. Tangki didesain agar mampu meredam guncangan bensin. Bodi belakang sangat lancip, dengan jok terpisah dan tentu saja tanpa behel.

Di tengah lampu utama ada lubang bernama center positioned air duct, yang bukan cuma hiasan, “Juga membantu mendinginkan lampu,” terang Dirdhana. Atasnya di ujung windshield ada lampu kota mirip milik YZF-R6. Keren! (motor.otomotifnet.com)