Hati-hati penyakit Bell’s Palsy mengintai para Bikers !

Bro sis sekalian, behati-hatilah ketika bro sis berkendara, karena penyakit Bell’s Palsy siap menyerang kapan saja ! Apaan sih Bell’s Palsy ? yuk kita simak ulasannya yang dikutip dari wikipedia.

Bell’s palsy adalah nama penyakit yang menyerang saraf wajah hingga menyebabkan kelumpuhan otot pada salah satu sisi wajah. Terjadi disfungsi syaraf VII (syaraf fascialis). Berbeda dengan stroke, kelumpuhan pada sisi wajah ditandai dengan kesulitan “menggerakkan sebagian otot wajah, seperti mata tidak bisa menutup, tidak bisa meniup, dsb. Beberapa ahli menyatakan penyebab Bell’s Palsy berupa virus herpes yang membuat syaraf menjadi bengkak akibat infeksi. Metode pengobatan berupa obat2an jenis steroid dapat mengurangi pembengkakan.

Lah terus apa hubungannya sama biker ?

Jadi gini bro sis, ada informasi yang didapat dari artikel bloger senior TMCBlog dimana ada salah seorang rider yang melakukan touring perjalanan yang lumayan jauh, dan pada akhirnya doi merasakan hal aneh pada wajahnya (kumur-kumur gak bisa, siul gak bisa, senyum jadi miring,ketawa seblah,ngomong gak jelas,mata sebelah sakit). Setelah doi periksakan ke dokter syaraf, dokter memvonis bahwa sang rider menderita Bell’s Palsy akibat angin dingin yang masuk ke dalam tengkorakm kena syaraf, dan akhirnya membengkak.

Ngeri kan bro sis ? konon katanya pemulihannya makan waktu 1-2 bulan loh. Dan tidak menutup kemungkinan biker harian juga terancam hal yang sama dengan biker yang suka touring, so safety gear yang lengkap ya bro sis. Apalagi sebentar lagi bulan puasa, lebaran, mudik bawa motor, kudu lengkap safety gearnya, pakailah helm full face, masker, jaket yang tebal, shall, siapkan fisik dan mental, makan yang teratur, istirahat yang cukup 😀

Gagah kan 😀

 

Bell’s Palsy ? amit-amit ya bro sis ..

stay safe, stay cool with yamaha !