Yuk Intip Bagaimana Yamaha R25 Diproduksi

Jakarta -Produsen Yamaha tengah senang, pemberitaan terkait motor ini terus mewarnai berbagai media di tanah air tahun ini. Penyebabnya adalah duo motor terbaru mereka, R15 dan R25. Kini, Yamaha membocorkan bagaimana R25 diproduksi. Yuk, kita intip bersama.

R25 memang menjadi salah satu motor paling fenomenal di Indonesia tahun ini. Paling tidak itu terlihat ketika dalam waktu 1 hari saja ada 2.677 orang yang mendaftar secara online untuk menjadi pemilik pertama motor ini.

Motor ini dilepas dengan harga Rp 53 juta tersebut untuk menjadi lawan bagi motor sport lain di segmen yang sama.

Di produksi di Indonesia, rencana ekspor juga sudah disiapkan meski Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manucafturing (YIMM), Dyonisius Beti sebelumnya mengatakan kalau permintaan konsumen Indonesia yang tinggi membuat mereka harus menunda rencana mengekspor motor tersebut.

Dalam sebuah video di Youtube yang berjudul ‘YAMAHA R25/”Iwata Quality” in Indonesia’ terlihat bagaimana sang ‘Baby M1’ di produksi di Indonesia. Tangan-tangan terlatih para pekerja tampak berpadu padan dengan kepresisian kerja mesin-mesin canggih di pabrik merek berlambang garpu tala tersebut.

Struktur kerja perakitan motor ini pun diperlihatkan. Mulai dari perakitan mesin yang dikerjakan oleh pekerja dan mesin otomatis hingga perakitan sasis dan pemasangan body motor. Semua tampak terstruktur dengan rapi.

Bahkan quality check serta pengetesan awal tiap unit di dapur Yamaha juga sejenak diperlihatkan di video tersebut. Yamaha mengatakan kalau pabrik di Indonesia setara dengan pabrik di Iwata, markas Yamaha di Jepang.

Bukan hanya satu video saja, ada pula video kedua yang berjudul ‘YAMAHA R25/Engine Parts for Dependable High Performance.’ Video tersebut memperlihatkan bagaimana sebuah motor R25 dites full otomatis. Motor ditempatkan di sebuah ruangan pengetesan dan operator bukannya menaiki motor tersebut, tapi hanya memperhatikan dari luar ruangan.

Di ruangan tersebut, kemampuan mesin motor ini diuji. Mulai dari memutar ulir gas hingga pergantian gigi dilakukan oleh mesin, bukan oleh manusia.

Penasaran dengan 2 video tersebut? Klik 2 link berikut

video 1

video 2