Mekanik JG Bandung Juara 1 dalam event Indonesia Technician Grand Prix (ITGP) 2014

Pemenang Indonesia Technician Grand Prix (ITGP) tahun ini adalah Asep Sumpena Suryaningrat. Pria yang berasal dari diler JG Motor Bandung ini berhasil menjadi yang terbaik dari 12.000 teknisi Yamaha secara nasional.

Metrotvnews.com, Sentul: Penyelenggaraan event Indonesia Technician Grand Prix 2014, kembali menuai animo yang sangat besar. Bukan hanya karena penyelenggaraannya dialokasikan langsung di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, namun juga dibarengi dengan sesi ujicoba produk Yamaha R25 yang bawa langsung oleh PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Tahun ini merupakan tahun ke-14 penyelenggaraannya. Dimana sebelumnya dilakukan kontes teknisi di lingkup regional di 21 training centredi seluruh Indonesia. Lebih dari 12.000 teknisi Yamaha ikut serta di level regional. Kemudian hari ini 24 yang terbaik, hadir di Sirkuit Sentul pada Selasa (19/8), mengikuti final penentuan teknisi terbaik.

“Kami sengaja menyelenggarakan event ITGP di Sirkuit Sentul sesuai dengan tema besarnya ‘Sukses Model Yamaha R Series’. Namun juga untuk menunjukkan keseriusan Yamaha melakukan pembibitan pada teknisi-teknisinya. Paling tidak mereka bisa mulai asah mental ketika dihadapkan pada kompetisi tingkat dunia nantinya di Jepang,” jelas M. Abidin, selaku GM Service & Motorsport YIMM.

Event ini sendiri berlangsung selama 2 hari, tanggal 18 dan 19 Agustus 2014. Dimana semua peserta yang lolos di level sebelumnya mengikuti 4 fase. Yaitu tes teori, measurementcustomer reception, serta periodical inspection dan trouble shooting. Bahkan peserta dari level SMK binaan Yamaha pun diikutsertakan. Namun bukan diadu dengan peserta ITGP, melainkan dengan sesama SMK.

“Kami mengikut-sertakan SMK binaan Yamaha sebagai bentuk balas jasa atau program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Yamaha. Metode ujiannya sama, perbedaannya hanya pada tim penggunaan catatan waktu tercepat. Kan kalau dari SMK belum punya pengalaman, jadi tes kecepatan ini tidak masukkan,” imbuh Abidin.

ITGP 2014 pun dimenangi oleh Asep Sumpena Suryaningrat (dari dealer JG motor Bandung) Provinsi Jawa Barat dengan nilai 938. Kemudiann juara kedua diraih oleh Ahmad Kurniadi (dari dealer SIP Kepanjen Malang) Provinsi Jawa Timur dengan nilai 878. Kemudian di urutan ketiga diraih oleh Rubiardi (dari dealer Sumber Baru Motor Magelang) Provinsi Jawa Tengah dengan nilai 877.

Di kategori kontes SMK, juara pertama diraih Hery Purnawan (dari SMK Palapa Semarang) dengan nilai 930, disusul Dwi Restu Prayogi (dari SMK Bunda Satria Wangon Banyumas, Jawa Tengah) dengan nilai 900 dan di urutan ketiga oleh Rohma Doni (dari SMK Kartanegara, Kediri Jawa Timur) dengan nilai 860.

“Soal-soal yang diberikan di kontes kali ini, tidak begitu sulit, karena kesehariannya saya memang sudah sering mengatasi masalah tersebut. Yang paling berat itu adalah bagaimana menjaga mental. Karena jika sudah mental kita tidak begitu bagus, maka sulit menjaga konsentrasi,” jelas Asep.

Asep sendiri akan berduet dengan juara ITGP tahun sebelumnya yaitu Irvan Kurniadi dari Alfa Scorpii Medan untuk mengikuti WTGP di Jepang pada 30 September – 1 Oktober 2014.

sumber

GALERI FOTO