Busi iridium, amankah untuk motor harian ?

Bro sis sekalian banyak para biker yang menginginkan performa motornya terdongkrak, namun sebisa mungkin tidak keluar biaya yang terlalu besar, solusinya ? biasanya sih cuma ganti knalpot / busi aftermarket yang hanya mengeluarkan biaya yang relatif murah ūüėÄ

Biasanya para biker mengganti busi standarnya dengan busi iridium seharga kisaran 100 ribuan yang dipercaya mampu mendongkrak performa motornya. Tapi, apakah busi iridium aman untuk motor standar yang dipakai untuk harian ?

Seperti yang dikutip dari iwanbanaran , Iridium merupakan elemen logam yang sangat keras, anti korosi, tahan panas. Selain itu…bahan elektroda material ini mempunyai titik didih yang cukup tinggi yakni 2500 derajat celcius. Akibat kekuatannya, diera abad 20…..Iridium dipilih para produsen busi untuk meracik busi dengan durability yang lebih dibanding busi reguler. Pembakaran juga lebih fokus pada satu titik sehingga dipercaya mampu melayani engine racing yang membutuhkan percikan api mumpuni.

adapun beberapa sifat busi iridium yakni :

1. Karena tahan panas, elektroda lebih kecil dibanding busi reguler

2. Membutuhkan tegangan yang lebih rendah untuk memicu pembakaran sehingga jarang terjadi kegagalan saat starter

3. Pembakaran lebih presisi, konsisten serta efisien (more efficient combustion)

4. Meningkatkan respon gas

5. Meningkatkan keiritan (tergantung gaya berkendara)

6. Lebih awet (tergantung desain). Dari beberapa penelitian busi Iridium lebih awet hingga 10 kali lipat dibanding busi standart

7. Dipercaya meningkatkan tenaga mesin sekitar 1-3% (ora signifikan lho kangbro)

8. Meningkatkan kualitas emisi gas buang (lebih ramah lingkungan)

Dengan beberapa sifat busi iridium yang menguntungkan, tak heran kalau harganya lebih mahal dibanding busi standar. Tapi, apa busi iridium itu aman untuk motor standar harian ?

Jawabannya tidak masalah bro sis asal motornya di setting ulang. Namun karena sifat busi Iridium cenderung memberikan dampak panas (karakter pengapian fokus pada satu titik, busi biasa menyebar) wajib hukumnya adjust ulang asupan bensin (diperkaya). Jika dibiarkan standart, ditakutkan akan mempengaruhi durability mesin pada jangka panjang. Bagaimanapun standart engine akan tetap lebih cocok menggunakan busi bawaan. Intinya, bila bro sis ingin mengejar extra 1-3 % performa, boleh lah pakai busi iridium asal di setting ulang asupan bensinnya. Tapi bila bro sis lebih ingin mesin awet, busi standar sudah cukup bagus mengingat busi standar sudah diperhitungkan oleh para insinyur-insinyur mengenai durability serta long life terhadap mesin motornya.

demikian bro sis, semoga berguna