10 Bus Sekolah Gratis Siap Layani Pelajar Kota Bandung

foto-778868

Liputan6.com, Bandung – 10 Bus sekolah gratis diluncurkan Pemerintahan Kota Bandung, Jawa Barat. Nantinya bus ini akan melayani khusus pelajar yang mengenakan seragam sekolah.

Pelajar tinggal menunjukkan kartu pelajar dan akan diantarkan oleh bus yang baru membuka dua rute, yaitu Antapani – Ledeng (PP) dan Leuwipanjang-Dago (PP) dengan waktu operasional antara pukul 05.00-08.00, 11.00-14.00, 16.00-19.00 WIB.

Walikota Bandung Ridwan Kamil menjelaskan bus sekolah gratis dapat menampung sekitar 60 pelajar tiap busnya. Dengan komposisi 30 penumpang duduk dan 30 lainnya berdiri.

Ditambahkan pria yang akrab disapa Emil ini, bus sekolah gratis dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan dengan target penumpang yaitu pelajar yang selama ini menggunakan kendaraan pribadi atau diantar oleh orangtua.

“Bus tidak mengambil jatah penumpang angkot ini tujuannya mengurangi kemacetan. Orangtua yang biasanya mengantarkan anaknya kesekolah bisa mengantarkan ke selter bus,” kata Walikota Ridwan Kamil saat ditemui di Bandung, Selasa (7/10/2014).

Selain itu Emil mengatakan untuk saat ini pihaknya baru bisa menyediakan sepuluh kendaraan dan tahun depan jumlah bus sendiri akan bertambah dengan fasilitas yang lebih menunjang.

“Tahun depan bus sekolah akan lebih banyak lagi. Bakal ada WiFi-nya dan lain-lain nanti bus akan dicat warna kuning dan akan pakai gambar hewan-hewan,” tandas dia.

sumber

Credit: Anri Syaiful