[Moto GP Phillip Island] Balapan penuh drama, Rossi menang, Yamaha sapu bersih podium !

Rossi Menang di Phillip Island

Bro sis sekalian, sesuai judul artikel ini, balapan Moto GP di Phillip Island Australia kemarin (minggu, 19/10) berlangsung seru namun penuh drama. Marc Marquez yang ingin mengejar rekor Mick Doohan (12 kemenangan dalam 1 musim), ketiga senior Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa yang akan saling serang untuk posisi runner up klasemen. Jorge Lorenzo memulai balapan dari grid 3 sedangkan Valentino Rossi memulai balapan dari grid ke 8, yup, posisi yang tidak terlalu menguntungkan.

B0Sy1VrCMAAnA0e

Selepas start, Lorenzo berhasil memimpin balapan namun langsup disalip oleh Marquez di lap yang sama, Rossi naik ke posisi 5. setelah sekitar 5 lap di tempel ketat, memasuki lap ke 6 Marquez mulai membuat jarak dengan Lorenzo, terjadi insiden antara Andrea Ianone dan Dani Pedrosa yang menyebabkan Ianone harus out dan Pedrosa mengalami kerusakan pada bagian belakang motornya sehingga Pedrosa harus masuk pit dan tidak melanjutkan balapan lagi. Ini membuat posisi runner up klasemen tinggal direbut oleh Rossi dan Lorenzo.

Lap 9, Marquez makin menjauh, Rossi mulai mendekati Lorenzo, mereka saling salip menyalip mulai darisitu, Rossi menyalip Lorenzo di tikungan, disalip lagi oleh Lorenzo di lintasan lurus, kembali disalip oleh Rossi di tikungan, begitu seterusnya hingga memasuki lap ke 18 akhirnya Rossi bisa ambil alih posisi 2. Marquez yang sedang memimpin balapan crash akibat suhu aspal yang mulai menurun, Rossi memimpin balapan diikuti oleh Lorenzo dan rider Ducati Cal Crutchlow.

Battle klasik antara Rossi vs Lorenzo

Memasuki lap ke 23, Lorenzo mulai menurun pacenya akibat ban yang mulai tergerus, Crutchlow semakin mendekat dan akhirnya berhasil menyalip Lorenzo. Memasuki lap terakhir, Rossi mantap memimpin balapan, Crutchlow crash sehingga Lorenzo kembali mengambil alih podium kedua diikuti oleh pembalap satelit Yamaha Bradley Smith. Keadaan ini bertahan hingga race selesai, Rossi memenangkan balapan Phillip Island, ini adalah balapan ke 250 selama karir dia di kelas bergengsi MotoGP/500, diikuti oleh Lorenzo dan Smith. Yamaha sapu bersih podium !

Yamaha sapu bersih podium

Ada beberapa fakta yang bisa diambil dari race Phillip Island kemarin :

1. Rossi menambahkan koleksi kemenangannya menjadi 108 kemenangan di usianya yang sudah tidak muda

2. Rossi akhirnya bisa menang lagi di Phillip Island sejak terakhir kali dia menang di tahun 2005

3. Yamaha akhirnya bisa kembali sapu bersih podium sejak terkahir kali di Le Mans 2008 dimana waktu itu Rossi menang, Lorenzo kedua, dan Colin Edwards ketiga

4. Rossi memenangkan balapan ke 250nya yang start dari grid ke 8.

 

Selamat buat tim Yamaha ! semoga tren positif terus bertahan hingga race selanjutnya di Sepang Malaysia !