Ini dia bro sis manfaat mengisi ban dengan nitrogen

nitrogne-ban-motor

Bro sis sekalian, sudah pernah isi angin ban kendaraan bro sis dengan nitrogen ? Apa saja sih kelebihan dari mengisi nitrogen dibanding mengisi dengan angin biasa ? Apa cuma biar ban awet saja ? lebih dari itu bro sis ! yuk kita simak bareng-bareng.

Pengguna kendaraan pada umumnya mengisi ban mereka dengan angin biasa, angin yg biasanya di isikan ke ban ini mengandung nitrogen, oksigen, dan gas-gas lainnya termasuk Co2 dan sedikit unsur air. Kandungan tersebut cenderung berakibat negatif untuk penggunaan jangka panjang bro sis, salah satunya efek pengembunan, korosi atau karat khususnya pada velg / pentil yang bisa berakibat kebocoran, dan juga angin biasa juga ini memiliki partikel yang lebih kecil dibandingkan dengan nitrogen sehingga lebih mudah terlepas dari pori-pori ban, belum lagi sifat angin biasa yang mudah terpengaruh suhunya terutama pada kecepatan tinggi, menyebabkan ban cepat panas dan mengurangi umur ban.

Hal. tersebut diatas tidak dimiliki pada ban yang diisi dengan nitrogen murni bro sis, lebih banyak positifnya. Apa saja ? cekidot

1. Gas nitrogen (N2) lebih stabil daripada angin dan udara biasa karena tidak gampang terpengaruh suhu ban yang sering naik turun akibat cuaca dijalanan.

2. N2 mempunyai berat jenis lebih ringan dan partikelnya yang lebih besar dibanding oksigen membuat kebocoran ban ber-Nitrogen lebih sedikit sehingga tidak membutuhkan pengisian yang terlalu sering. Keawetan nitrogen didalam ban bahkan diklaim 1/3 lebih lama dibanding angin….

3. Kinerja ban lebih optimal ketika berputar karena sifatnya yang dingin

4. Lebih hemat BBM (bila tekanan angin selalu terjaga)

5. Memperbaiki manuver tunggangan

6. Sifat nitrogen adalah non-corrosive dan mampu mengurangi oksidasi dan karat karena N2 nihil oksigen dan unsur lembab

7. Nitrogen adalah gas kering yang akan mencegah terjadi karat atau korosi pada pelk. Selain itu kompon karet yang diisi N2 juga akan lebih awet “long life” akibat nihilnya unsur air yang memicu kelembahan pada ban. Padahal dalamn jangka waktu lama…..lembab sisi dalam dan panas sisi luar bisa membuat material karet ban crack secara mikro yang berdampak pada kurangnya durability…. (iwanbanaran)

3067621_orig

Nah, sudah jelas kan manfaat mengisi nitrogen ? so, ga usah ragu untuk mengisi nitrogen bro sis, demi menjaga keawetan si karet bundar dari kendaraan kesayangan kita. Sangat dianjurkan untuk mengosongkan terlebih dahulu angin ban kita bila ingin berganti dari angin biasa ke nitrogen, karena manfaat diatas syaratnya adalah ban terisi murni nitrogen minimal 95%. Untuk motor relatif murah bro sis, kisaran 10 ribu untuk sepasang ban.

Stay safe, stay cool with JG MOTOR !