Yamaha Blue Core, Bukan Sekadar Teknologi Baru

032395900_1419243043-20141120_154727
Jakarta Mio M3 125 yang rilis pada akhir tahun 2014 lalu adalah motor matic pertama yang mengadopsi teknologi yamaha Blue Core. Saat dirilis, Blue Core adalah jawaban dari Yamaha untuk para pengguna motor yang menginginkan sepeda motor matic yang lebih irit bahan bakar. Maklum, motor matic selama ini identik dengan konsumsi bahan bakar yang boros.

Sekilas, Yamaha Blue Core nampaknya merupakan teknologi teranyar Yamaha. Yamaha Blue Core seakan merupakan teknologi yang ditanamkan pada core atau ruang pembakaran.

Tetapi ternyata, Blue Core lebih dari itu. Blue Core bukan hanya sekadar teknologi baru. Ia juga merupakan sebagai sebuah konsep yang menyeluruh dari motor Yamaha itu sendiri.

Artinya, Blue Core tidaklah sesempit teknologi baru yang ditanamkan pada ruang pembakaran. Blue Core adalah keseluruhan konsep yang mana semua motor yang diproduksi akan mengikuti konsep tersebut.

Untuk urusan mesin misalnya, jika menerapkan konsep Blue Core, maka terdapat beberapa modifikasi yang membuat kinerja mesin jauh lebih mudah dan lancar. Dengan modifikasi-modifikasi ini, maka power loss pada mesin akan berkurang dan daya pembakaran pun berkurang. Selain itu, hal ini juga dapat menghasilkan efisiensi dan performa yang lebih tinggi.

Contohnya saja Mio M3 125. Mesin matic ini memiliki kinerja yang lebih handal karena gesekan yang berkurang serta suhu yang lebih stabil. Hal ini dapat terjadi karena adanya rocker arm (atau ‘pelatuk klep’) model baru, forged piston dan DiaSil cylinder yang ditanamkan.

Selain itu, dengan konsep Blue Core, injeksi sistem close loop terbaru berperan dalam meningkatan pengapian yang lebih presisi seperti pada Mio M3 125.

Selain mesin, konsep yamaha Blue Core juga terletak pada bagian chasis. Untuk menciptakan kendaraan yang mumpuni, maka desain rangka yang ringan namun kuat adalah kuncinya. Dengan konsep yamaha Blue Core, maka kedepan Yamaha akan menciptakan dan mengembangkan mesin yang irit bahan bakar tetapi tetap bertenaga dan nyaman dikendarai.