Rossi Menangi Seri Pembuka MotoGP 2015

rossiqatargetty460
Losail – MotoGP Qatar yang jadi seri pembuka musim 2015 berlangsung seru. Valentino Rossi jadi juara pada race ini setelah menjalani duel sangat sengit dengan Andrea Dovizioso.

Di Sirkuit Losail, Senin (30/3/2015) dinihari WIB, balapan didominasi oleh dua tim yakni Yamaha dan Ducati. Dovizioso terlibat duel sengit dengan Jorge Lorenzo hampir di sepanjang balapan, namun ternyata Rossi mampu menyodok saat balapan tinggal tersisa empat putaran dan menciptakan duel duo rider Italia.

Saling susul antara Rossi dengan Dovizioso berulang terjadi di empat lap akhir tersebut. Meski selalu kalah di lintasan lurus oleh tenaga motor Ducati, Valentino ‘The Doctor’ Rossi pada akhirnya bisa menyentuh garis finis paling cepat.

Dua podium terakhir menjadi milik Ducati: Dovizioso di tangga kedua dan Andrea Iannone di posisi tiga. Lorenzo yang sempat memimpin balapan pada akhirnya harus puas denga posisi empat.

Nasib kurang baik didapat Marc Marquez setelah dia keluar lintasan di awal balapan. Juara dunia dua musim terakhir itu bisa terus memperbaiki posisinya, namun di akhir balapan dia akhirnya harus puas dengan posisi lima.

Jalannya Balapan

Dovizioso berhasil mempertahankan posisi terdepan yang dia punya saat start. Sementara nasib malang harus dialami duo Honda: Marquez melebar ke luar lintasan dan kembali ke lintasan di luar 20 besar sementara Pedrosa juga merosot beberapa anak tangga dan keluar dari lima besar meski dapat posisi start kedua.

Melakukan start dengan oke adalah Lorenzo yang menyodok ke posisi dua. Sementara urutan tiga dan empat menjadi milik Iannone dan Yonny Hernandez.

Lorenzo tidak lama-lama membiarkan Dovizioso berada di posisi terdepan karena pada tikungan 12 lap kedua penunggang Yamaha itu berhasil menyalip dan merebut pucuk pimpinan balapan.

Memasuki lap keempat Valentino Rossi sudah naik ke urutan empat, sementara Pedrosa ada di tangga kelima. Di lap yang sama Marquez mengalami kemajuan sangat pesat karena dia sudah masuk 10 besar dengan berada di urutan sembilan. Posisi Marquez kembali naik saat dia menyusul Hernandez untuk mengklaim urutan enam.

Di posisi terdepan, terjadi perubahan pemimpin lomba saat race masuk putaran delapan. Memanfaatkan keunggulan tenaga motor Ducati yang jauh lebih besar, Dovizioso menyalip Lorenzo di lintasan lurus dan dia pun kembali berada di posisi satu.

Lorenzo kembali memimpin balapan beberapa tikungan berselang. Namun juara dunia dua kali itu kemudian malah terlempar ke posisi tiga setelah Yamahanya disalip duo Ducati di lintasan lurus pada lap 10. Masih di lap yang sama, kelihaian Lorenzo mengantar dia merebut kembali status pemimpin balapan.

Marquez masuk lima besar! Pada lap 12 dia dengan mudah menyusul Pedrosa untuk menempati posisi lima. Sang juara dunia mencoba ikut persaingan kelompok terdepan yang diisi Lorenzo, Dovizioso, Iannone dan Rossi. Namun di lap ini Marquez masih berjarak tujuh detik lebih.

Duel antara Lorenzo dan Dovizioso berlangsung terus menerus. Keduanya berkali-kali melakukan aksi saling susul untuk merebut posisi terdepan. Sementara di belakang mereka berdua Rossi sudah berhasil melewati Iannone untuk merebut posisi tiga.

Yang menjadi titik balik penentu kemenangan Rossi pada balapan ini adalah di lap empat saat dia sukses merebut posisi dua dari Lorenzo. Setelah itu The Doctor menggantikan Lorenzo melakukan duel dengan Dovizioso.

Tarung Dovizioso dengan Rossi berlangsung lebih sengit dibanding Dovizioso-Lorenzo. Tenaga besar yang dipunya Ducati GP15 berulang kali menguntungkan Dovizioso saat melaju di lintasan lurus. Pada momen itulah Dovizioso berulang kali merebut posisi terdepan.

Namun dengan pengalaman dan ketenangan yang dipunya Rossi selalu kembali unggul di lintasan berliku. Saling rebut posisi puncak balapan terjadi berulang ulang.

Sampai kemudian di Rossi berhasil menjaga keunggulannya di satu lap terakhir dan dia pertahankan sampai menyentuh garis finis.

Hasil MotoGP Qatar

1 Valentino Rossi Yamaha Yamaha 42m35.717s
2 Andrea Dovizioso Ducati Ducati 0.174s
3 Andrea Iannone Ducati Ducati 2.250s
4 Jorge Lorenzo Yamaha Yamaha 2.707s
5 Marc Marquez Honda Honda 7.036s
6 Daniel Pedrosa Honda Honda 10.755s
7 Cal Crutchlow LCR Honda 12.384s
8 Bradley Smith Tech 3 Yamaha 12.914s
9 Pol Espargaro Tech 3 Yamaha 13.031s
10 Yonny Hernandez Pramac Racing Ducati 17.435s
11 Aleix Espargaro Suzuki Suzuki 19.901s
12 Danilo Petrucci Pramac Racing Ducati 24.432s
13 Scott Redding Marc VDS Honda 32.032s
14 Maverick Vinales Suzuki Suzuki 33.463s
15 Hector Barbera Avintia Racing Ducati 33.625s
16 Stefan Bradl Forward Racing Yamaha Forward/Yamaha 33.944s
17 Nicky Hayden Aspar Honda 38.970s
18 Eugene Laverty Aspar Honda 46.570s
19 Mike Di Meglio Avintia Racing Ducati 59.211s
20 Alex de Angelis IodaRacing Project ART/Aprilia 1m14.981s
21 Marco Melandri Aprilia Gresini Aprilia 1m48.143s
22 Loris Baz Forward Racing Yamaha Forward/Yamaha 3 Laps
– Karel Abraham AB Motoracing Honda Retirement
– Jack Miller LCR Honda Retirement
– Alvaro Bautista Aprilia Gresini Aprilia Retirement

sumber : detik sport