Utak-atik Fitur Soul GT, Eco Indicator, Bisa Bikin Irit?

131818_eco
Jakarta – Perjalanan Tour de Soul di jalur selatan berlanjut menuju Kota Batu, Jawa Timur. Di sela-sela perjalanan para pengendara bisa mengecek kehandalan motor yang dilengkapi dengan fitur Eco Indicator.

Fitur ini pastinya membuat pengendara merasa membuat penasaran. Dalam perjalanan dari Tawamangu-lah Eco Indikator ini memperlihatkan kerjanya yang sempurna.

Selain karena disempurnakan teknologi Blue Core yang sudah irit, fitur Eco Indicator membuat motor matik anyar Yamaha Indonesia ini makin hemat bahan bakar.

Eco Indicator ini terdapat pada sisi kanan speedometer yang didesain informatif dan mudah terlihat, ada tulisan ECO untuk memperjelas.

Eco Indicator berfungsi memberitahu pengendara ketika melaju pada kondisi performa mesin yang paling optimal, sehingga bahan bakar dapat dihemat hingga 60%. Fungsi ini membuat pengendara baru motor pun dapat berkendara irit eco riding.

Pengendara diinformasikan tentang kondisi Eco Indicator sedang On atau nyala yaitu saat membuka putaran gas perlahan, berada di kecepatan 20 – 60 km/jam, kecepatan stabil dan konstan. Jarak Yogyakarta – Kediri sejauh 241 KM hanya menggunakan bahan bakar 7 liter.

Pertama-tama kami berangkat dari Yogyakarta dengan isi full sekitar 4 liter dan kami kehabisan bensin pada wilayah Tawamangu. Selanjutnya kami mengisi 2 liter lagi dan akhirnya ketika smapai Kediri tersisa sekitar setengah liter bahan bakar.

Konsumsi terbanyak bahan bakar memang terlihat pada saat kendaraan melakukan tanjakan. Hal ini yang membedakan saat kendaraan melaju di track lurus. Dan lagi-lagi, mesin Yamaha Soul GT tidak meraung.

 

sumber : detik oto