Tips Mencegah Karat Pada Knalpot Motor

0000012784
Knalpot motor adalah salah satu komponen bagian dari sepeda motor yang perawatannya sangat sederhana. Namun, yang sering terjadi adalah hal yang sebaliknya. Knalpot motor tidak terawat dan dipenuhi dengan karat hingga akhirnya bocor.

Knalpot yang bocor sendiri juga akan menyebabkan banyak kerugian. Baik suara mesin yang berubah dan berisik maupun performa motor yang akan berkurang. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk melakukan perawatan komponen sistem pembuangan motor ini.

Yang pertama adalah rutin mencuci motor, terutama setelah kehujanan. Menjaga kebersihan motor, tak hanya knalpot, akan menjauhkan komponen-komponen metal pada motor dari serangan karat. Jangan lupa pula seusai mencuci untuk mengeringkan motor hingga benar-benar kering.

Selanjutnya adalah dengan mengoleskan pelumas di bagian leher knalpot sehabis memanaskan mesin motor. Selain itu, tuangkan pula sedikit oli, 1-2 sendok makan, ke dalam knalpot saat memanaskan motor. Kedua hal ini berfungsi untuk mengeluarkan kotoran yang berada dalam knalpot serta menjaga knalpot dari karat.

sumber : otosia.com