Tips Agar Motor Tetap Awet dan Prima

6Di era kemajuan teknologi saat ini yang semakin berkembang berpengaruh pula terhadap kemajuan kendaraan bermotor yang dibutuhkan sebagai transportasi mobile. Disamping harga yang relatif murah daripada mobil, sepeda motor juga kuat untuk perjalanan lintas propinsi. Akan tetapi terkadang seseorang lalai memperhatikan kondisi motor yang dikarenakan kesibukannya. Bagi bro sis pengguna sepeda motor, luangkanlah sedikit waktu untuk merawatnya agar terhindar dari resiko kerusakan yang tidak diinginkan.

Berikut adalah tips merawat mesin sepeda motor :

1. Tips Untuk Sepeda Motor Baru

Untuk sepeda motor baru, disarankan agar melakukan servis berkala sesuai waktu yang sudah di tentukan. Terutama sepeda motor Yamaha baru, akan diberikan servis gratis sebanyak 4 kali.

Yang pertama adalah pada KM 1000/1bulan dari tanggal pembelian, yang kedua pada KM 4000/4bulan, yang ketiga KM 7000/7bulan, dan yang keempat pada KM 10000/10bulan. Untuk motor baru, hal itu wajib dilakukan untuk menghindari kesalahan pada saat proses produksi. Maka dari itu diperlukan pengecekan secara berkala sesuai yang telah di tentukan.

Pada awal pemakaian, mesin juga masih butuh penyesuaian. Sehingga melakukan penggantian oli lebih awal (KM 1000), bertujuan untuk membersihkan partikel-partikel sisa dari proses produksi.

2. Servis Berkala

Melakukan servis secara berkala sangat penting untuk dapat mengetahui kondisi sepeda motor Bro sis. Kondisi mesin motor dapat berubah akibat berbagai keausan yang terjadi pada beberapa bagian komponen tertentu. Oleh karena itu harus melakukan servis secara rutin.

Mengenai kapan waktu yang tepat, idealnya setiap 3000 km. Namun apabila Bro sis merasa bahwa motor bro sis sudah tidak nyaman digunakan, Bro sis bisa melakukan servis.

3. Cara Pemakaian Sepeda Motor

Disarankan untuk tidak menggunakan sepeda motor secara tidak wajar. Hal itu akan mempercepat keausan pada part tertentu. Terutama pada rantai, kampas kopling, dll.

Apabila motor Bro sis menggunakan gigi manual, sebaiknya gunakan pemakaian gigi yang sesuai dengan kecepatan motor Bro sis. Sebagai contoh, di jalan menanjak, motor membutuhkan tenaga yang lebih besar, maka kurangi gigi motor dengan yang lebih rendah. Jangan memaksakan dengan gigi motor yang lebih tinggi. Hal tersebut akan mempercepat keausan pada kinerja kopling.

4.Tips Sebelum Sepeda Motor Dipakai

Terapkan kebiasaan memanaskan mesin motor terlebih dulu sebelum motor dipakai. Kenapa motor harus dipanaskan terlebih dahulu? Hal ini bertujuan agar endapan oli pada mesin kembali mengalir ke bagian mesin yang perlu dilumasi.

Memanaskan mesin motor cukup sekitar 5 menit saja. Hal ini tidak baik untuk mesin yang menggunakan sistem pendingin udara. Karena apabila mesin hidup terlalu lama dalam keadaan motor berhenti, maka bagian mesin tidak akan mendapatkan pendinginan maksimal.

Semoga bermanfaat bro sis.

 

Tinggalkan Balasan