3 Modifikasi Motor yang Bisa Merugikan Pengendara Lain

Mengubah tampilan standar pabrikan menjadi sesuatu yang diinginkan oleh pemilik sepeda motor memang biasa dilakukan. Dari hal kecil sampai yang besar dapat mereka ubah sesuai dengan keinginan dan kemampuan finansial mereka masing-masing.
Tetapi tahukah Bro sis, ada beberapa ubahan yang justru membuat pengendara lain menjadi tidak nyaman saat berkendara di jalan raya ketika berhadapan dengan pengendara yang memodifikasi motornya tidak sesuai yang seharusnya.
Walaupun, modifikasi tersebut dianggap keren oleh sang pemilik, tetapi belum tentu bagi pengendara lainnya karena justru bisa mengganggu kenyamanannya dan menjadi kesal karena modifikasi yang tidak sesuai tersebut.

Ubahan-ubahan ini pasti sering Bro sis temui di jalan raya. dan siapa tahu, Bro sis juga menjadi salah satu yang menerapkan modifikasi tersebut pada motor kesayangan Bro sis.
Berikut ubahan yang bisa dikategorikan merugikan bagi pengendara lain:

Menggunakan Strobo

Strobo

Aksesoris satu ini sering dijumpai pada sepeda motor yang digunakan ketika touring. Bukan tidak mungkin Bro sis yang sering touring atau pun mempunyai komunitas, memasang aksesoris ini. Alasan utama menggunakan strobo mungkin untuk membuka jalan saat kondisi jalan ramai.
Untuk alasan apapun, menggunakan lampu strobo tidak dianjurkan, karena kehadirannya yang mengganggu, penggunaan strobo pun diatur dalam undang-undang. Komponen ini digunakan pada kendaraan tertentu dalam kondisi darurat seperti ambulans, pemadam kebakaran dan kepolisian yang diharuskan untuk cepat sampai ke lokasi.

Memotong Spakbor Belakang

r25-tanpa-spakbor

Sepeda motor dengan spakbor belakang yang memperlihatkan ban belakang yang besar memang terlihat keren. Ubahan ini biasanya terlihat pada sepeda motor sport atau motor gede.
Namun, masih ada orang yang salah paham ketika mengubah spakbor belakang. Pemilik sepeda motor memangkas habis spakbor hingga ke bagian pangkal. Sehingga mengakibatkan, ketika musim hujan, cipratan air pun menerjang para pengguna jalan di belakangnya dengan mudah. Oleh sebab itu, jika Bro sis ingin memangkas spakbor belakang sebaiknya disisakan. Hal ini bertujuan agar menahan hempasan air dari roda yang berputar.

Knalpot Racing

Knalpot

Akselerasi dan peningkatan tenaga menjadi hal yang sangat diinginkan para pengguna roda dua. Biasanya, cara paling mudah menghasilkan performa maksimal dari motor Bro sis adalah dengan mengganti knalpot dari produk yang dijual di pasaran yang memiliki saluran pembuangan lebih plong. Produsen knalpot sengaja mendesain kepala knalpot lebih mendongak ke atas untuk menghindari masuknya air ketika melewati genangan. Desain seperti ini sebenarnya kurang bersahabat bagi pengendara lain, terutama bagi pengendara motor yang berada tepat di belakang pengendara dengan knalpot racing tersebut.

Knalpot tersebut langsung menyemburkan sisa gas pembuangan tepat ke arah muka, bukan hanya mengganggu, gas sisa pembakaran tersebut dapat membuat sesak napas jika terus menerus terhirup.

Layaknya, ini menjadi perhatian Bro sis yang mengendarai motor untuk rutinitas sehari-hari khususnya. Mempedulikan pengendara lain tidak ada salahnya bukan. 🙂

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s