Transformasi Yamaha Mio

Setelah menghadirkan matik-matik handalnya yang semakin tahun semakin canggih dengan teknologi terbaru, tidak lupa sejarah Yamaha Mio yang saat itu belum ada. Pada awalnya Yamaha menghadirkan Nouvo pertama kali di Indonesia di tahun 2002. Desain bodinya merupakan perpaduan skuter dan bebek. Mesinnya berkapasitas 115 cc dan punya dua model favorit yaitu Nouvo Sporty dan Nouvo-Z. Meskipun sudah tidak diproduksi lagi, sampai sekarang Nouvo masih menjadi buruan para penggemar motor untuk dikoleksi.

Seperti yang dilansir dari blog.mortech.co.id berikut adalah transformasi Mio dari awal lahir sampai dengan sekarang:

1. Mio

Mio

Mio matik legendaris Indonesia yang menjadi pionir tren segmen matik di pasar Tanah Air. Diperkenalkan perdana di tahun 2003, Mio langsung booming dan jadi primadona. Dalam perjalanannya, Mio mengukir sejarah sebagai motor produksi ke-20 juta Yamaha Indonesia tepat di Hari Kartini pada 21 April 2011. Pangsa pasar Mio terus berkembang sehingga jumlah total penjualannya terhitung dari saat muncul pertama kali di 2003 hingga 2013 menyentuh lebih dari 7 juta unit.

2. Mio Soul

Mio Soul

Mio Soul merupakan generasi penerus dari Mio yang sesuai dengan jiwa lelaki, dengan demikian ada beberapa penambahan yang diterapkan pada Mio Soul. Diantaranya adalah desain body yang lebih berisi dan lebih rendah, sehingga memungkinkan Mio Soul lebih stabil digunakan dijalan.

3. New Mio

New Mio

Tahun 2008 Mio mengalami sedikit penyegaran. Seperti bentuk headlamp yang dibuat melengkung dengan sudut segitiga yang mlengkung Handgrip juga mengalami penyegaran, dan dada depan Mio juga disegarkan dengan design yang Smiley.

4. Mio Soul GT

Mio Soul GT

Soul GT merupakan pengembangan terkini dari Mio Soul disempurnakan teknologi mutakhir Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI). Muncul pada April 2012, Matik Macho Yamaha ini dikenal “Keren, Lincah, Irit”. Identitas paling  menonjol dari desainnya dapat dilihat pada lampu depan (front lamp) berbentuk seperti sorot mata tajam dan agresif yang mempertegas kesan powerful. Bentuk lampu depan itu terinspirasi dari grill depan mobil modern Amerika.

Lampu senja (position lamp) Soul GT yang berbentuk angel eye (mata malaikat) juga menjadi ciri lainnya yang memperkuat kesan sporty dan macho. Lampu angel eye itu terinspirasi dari lampu sedan mewah Eropa. Yamaha lalu juga meluncurkan Soul GT Series khusus buat anak muda.

5. Mio J

Mio J

Mio J diperlihatkan kepada publik pada Februari 2012. Merupakan motor matik injeksi pertama Yamaha Indonesia. Tagline-nya Semakin Cepat Semakin Irit. It’s Magic. Teknologinya Yamaha Mixture-Jet Fuel Injection (YMJet-FI), DiAsil Cylinder dan Forged Piston untuk kinerja mesin yang optimal dalam penggunaan sehari-hari yang membuat akselerasi lebih cepat dan konsumsi bahan bakar lebih irit 30%.

Yamaha menciptakan Mio J Family untuk kalangan umum dan khusus bagi anak-anak muda untuk tampil lebih trendy diciptakan Mio J Teen. Ada pula Mio J Blackseries dan Mio J Sporty.

6. Mio Fino

Mio Fino

Mio Fino, menghadirkan gaya hidup baru dalam berkendara dengan tagline, “Mio Fino, Fashionable Matic”. Yamaha memperkenalkan Mio Fino untuk pertama kalinya pada Januari 2012. Tersedia tiga pilihan  Mio Fino Fashion, Mio Fino Classic dan Mio Fino Sporty. Lalu pada hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2012 Yamaha meluncurkan Fino Edisi I Love Indonesia yang menjadi bagian dari momen peringatan Mio 10th Anniversary. Edisi Fino Edisi I Love Indonesia, Love Fino limited edition ini memainkan grafis Indonesian ethnic style, bermotif Sulur yang maknanya kehidupan yang tumbuh dan meningkat.

7. Mio GT

Mio GT

Peluncuran Mio GT pada Februari 2013 terasa istimewa karena dalam suasana hari Valentine. Change Your Life, demikian tagline-nya mengajak mengubah kehidupan jadi lebih baik. Mio GT merupakan  reinkarnasi legenda matik Indonesia Mio Sporty yang modern. Lebih dari 50 persen konsep desain Mio GT adalah hasil kreasi para insinyur terpilih Yamaha Indonesia. Inilah motor Yamaha pertama yang desainnya lebih banyak dikerjakan insinyur Yamaha Indonesia. Mio GT merupakan motor injeksi keenam Yamaha setelah Vixion, Mio J, Soul GT, Jupiter Z1 dan Xeon RC.

8. Mio M3

kng

Skutik “entry level” ini disebut M3 karena merupakan generasi ketiga Mio yang diluncurkan pada Desember 2014. M3 (dibaca M Three) yang mengandung arti Me, Myself, Mio. M3 mengusung spirit ”Tanpa Kompromi”, bermakna dalam hidup ini kita bebas menentukan pilihan sendiri Tanpa Kompromi menurut hati nurani. Ditujukan buat anak-anak muda laki-laki dan perempuan usia 17-25 tahun untuk transportasi harian. Cocok untuk generasi muda yang aktif dan mudah bereksperimen ketika dihadapkan pada pilihan-pilihan.

Yamaha membekali Mio baru dengan mesin, desain, dan kelengkapan baru. Paling diandalkan, mesin berkapasitas 125 cc, berpendingin udara, SOHC, berteknologi Blue Core, menghasilkan tenaga 9,25 PS pada 8.000 rpm, dan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm. Teknologi Blue Core diklaim menawarkan sistem pembakaran lebih ideal sehingga menawarkan rata-rata konsumsi BBM lebih irit 50 persen ketimbang Mio mesin karburator (edisi 2008).

Nah, Bro sis, kira-kira Mio apalagi ya yang akan dikeluarkan oleh PT YIMM ???

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.