Implementasi SIM Online di Indonesia

SIM OnlineKepolisian Republik Indonesia mempermudah proses permintaan perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi) lewat sistem SIM Online. Pengemudi kini bisa memperpanjang SIM tanpa perlu harus mengunjungi Satpas penerbit SIM. Tapi apa itu saja?

Seperti yang dilansir oleh detikOto, ternyata lewat SIM Online, pengemudi kendaraan bermotor bisa mendaftar, belajar teori yang akan diujikan, serta memperpanjang SIM.

Selasa (20/10/2015) Kombes Unggul Sedyantoro dari Korlantas Polri mengatakan dengan adanya SIM Online, seluruh data terintegrasi di satu pusat.

Masyarakat juga dengan mudah memelajari teori untuk soal-soal yang akan dujikan saat tes pembuatan SIM. Presiden Joko Widodo dikabarkan akan meresmikan langsung SIM Online ini pada November nanti.

“Launching SIM Online akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo secara nasional awal November nanti. Sampai saat ini masing-masing Polda tiap provinsi sudah melakukan soft launching di daerah masing-masing,” ujar Unggul.

Sebelum Bro sis melakukan ujian teori, tersedia materi yang terdapat pada website Korlantas. Materi tersebut bisa Bro sis unduh. Tak hanya itu, Bro sis juga bisa melakukan simulasi ujian teori untuk pembuatan SIM.

“Kita siapkan belajar mandiri lewat website Korlantas. Nantinya masyarakat bisa belajar dahulu, bisa di-download materi-materi ujian. Ada simulasi ujian teori juga. Silakan belajar dahulu, kalau sudah yakin baru ikut ujian,” papar Unggul.

Untuk membuat SIM baru harus dilakukan sesuai dengan alamat domisili pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ujian dan simulasi tetap dilakukan di kepolisian setempat sesuai domisili. Sedangkan untuk perpanjangan SIM, bisa dilakukan dimana saja karena data yang sudah Bro sis registrasikan secara online telah tersimpan di server pusat.

Dengan adanya SIM Online ini bukankah lebih memudahkan, bagaimana menurut Bro sis ?

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s