Menpora Cek Persiapan Renovasi Sirkuit Sentul

menporasentuli

Sentul – Sirkuit Sentul rencananya akan mulai direnovasi tahun depan. Hal itu dilakukan demi persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP pada 2017.

Untuk mengecek persiapan akhir jelang proses renovasi tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, langsung mengunjungi sirkuit tersebut, Senin (16/11/2015) siang WIB, usai dirinya mengisi Seminar Nasional Bela Negara di Universitas Pertahanan Sentul.

Tinton Soeprapto selaku Direktur Utama Sirkuit Sentul mendampingi langsung Imam saat meninjau kelayakan aspal lintasan yang memang masih perlu banyak perbaikan. Imam bersama Tinton mengelilingi seluruh lintasan untuk memastikan kualitasnya.

Opsi renovasi Sirkuit Sentul sendiri diambil Imam karena biaya yang dibutuhkan tidak sebesar ketimbang harus membangun sirkuit yang baru.

Ada sebagian aspal tambalan di tiap lintasan yang dicek langsung Menpora mulai tikungan pertama hingga tikungan terakhir. “Saya ingin melihat langsung bagaimana kondisi lintasannya. MotoGP butuh lintasan grade A, jadi Indonesia perlu mempersiapkan sebaik mungkin,” ujar Imam.

Sentul saat ini adalah satu-satunya sirkuit di Indonesia yang mempunyai standar nasional. Rencananya pada 2016 nanti, sirkuit yang berada di Bogor, Jawa Barat itu akan segera direnovasi. Waktu pengerjaan renovasi ini diperkirakan berlangsung selama setahun, yang dimulai dengan proses pembongkaran pada Desember nanti.

“Bulan Desember nanti sirkuit akan dibongkar, diusahakan pengerjaannya selama satu tahun. Tetapi kalau bisa kurang dari satu tahun itu lebih bagus,” tutur Tinton.

Keinginan Tinton untuk mengelar event MotoGP di Sentul karena ingin ajang balap motor ini mendatangkan pemasukan bagi negara. Bila nanti sirkuit sentul sudah layak mengelar ajang-ajang bergengsi, rencananya sentul akan dijadikan South East Asia Grandprix.

“Bila nanti Sentul sudah bagus, kami akan memperbolehkan negara-negara tetangga yang tidak punya sirkuit, agar bisa menggunakan sirkuit sentul untuk balapan. Karena kita adalah negara tertua di Asia Tenggara, sudah seharusnya kita membantu mereka,” tambah Tinton.

Imam sendiri dalam dua bulan terakhir memang getol untuk menggeber persiapan Indonesia jadi tuan rumah MotoGP pada musim 2017, dari berbagai aspek mulai sirkuit, fasilitas penunjang lainnya seperti akses jalan dan transportasi, dan tentunya dana. Apalagi, Imam pernah menyebut bahwa Presiden RI Joko Widodo sudah memberi lampu hijau.

Sebelumnya Sentul pernah mengelar event MotoGP pada tahun 1996 dan 1997. Pada saat itu Michael Doohan (96) dan Tadayuka Okada (97) keluar sebagai juara di kelas 500cc.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s