Merawat Rantai Motor, Caranya ?

121_rantai-motorSeperti yang Bro sis ketahui part motor yang satu ini menjadi salah satu hal yang terpenting dalam sepeda motor, mengapa? Yups.. Tanpa adanya rantai motor tentunya sebuah sepeda motor tidak akan bisa digunakan. Rantai motor memiliki fungsi atau tugas yaitu menghantarkan putaran pada mesin ke roda bagian belakang dengan menggunakan bantuan gear sehingga motor tersebut dapat berjalan (berputar). Bagian ini begitu penting karena memang cara kerjanya juga sangat vital.

Biasanya rantai pada kondisi tertentu akan dan perlu dilakukan perawatan khusus terutama saat jalanan hujan, banjir dan juga saat melakukan perjalanan jauh (touring). Bila sudah memulai memasuki tahap ini tentunya rantai motor akan mulai berbunyi dengan irama tertentu saat Bro sis mengendarainya. Hal tersebut artinya rantai sudah mengalami aus (pelumas pada rantai sudah mulai berkurang).

Seperti dilansir modifikasi.co.id, dengan rantai yang berbunyi (menandakan aus), sudah saatnya kita rajin merawat agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
Perawatannya sendiri cukup mudah, ada banyak pelumas khusus rantai yang dijual di toko toko otomotif yang bisa Bro sis dapatkan di kota atau tempat tinggal Bro sis seperti di bengkel JG Motor.

Untuk penggunaanya sendiri tidak sulit, hanya meratakan ke rantai motor yang sudah mengalami aus, hidupkan motor dengan menggunakan gigi transmisi 1 selanjutnya rantai berputar ,nah pada saat itulah pelumas khusus oli rantai tersebut dituangkan dengan rata. Setelahnya Bro sis tidak akan mendengar lagi bunyi aus pada rantai.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan