10 Manfaat Sehat Berjalan bagi Tubuh

jalan-131209c

Sarah Kuzch, seorang pelatih fitness bersertifikat telah mencoba berbagai latihan mulai dari Cross fit hingga Zumba. Namun, menurutnya olahraga yang paling sempurna adalah berjalan.

“Saya mendapatkan banyak manfaat dari berjalan yang tidak bisa saya dapat dari rutinitas olahraga lain yang lebih intens,” katanya. Berikut manfaat berjalan yang bisa dirasakan tubuh menurut Sarah.

1. Kejernihan mental dan keseimbangan emosional

Anda tentu pernah merasakan menghadapi hari yang buruk, yang terkadang bahkan tak jelas apa penyebabnya. Cara termudah untuk memperbaikinya adalah bangun dan keluarlah untuk berjalan.

Dalam waktu 15 menit, pikiran akan kembali fokus dan “hari yang buruk” akan segera menghilang.

“Saya ingat bahwa tidak ada sesuatu yang perlu dipikirkan secara berlebih. Ketika saya sedang berjalan-jalan, saya bisa menyelesaikan masalah, tidak ada hambatan yang terlalu sulit untuk diatasi,” jelas Kuzch.

2. Kreativitas

Saat berjalan-jalan, pikiran akan lebih rileks sekaligus “berkeliaran”. Selain itu Anda pun dapat memerhatikan orang dan pemandangan sekitar. Ini bisa merangsang munculnya pemikiran baru dan membantu mengakses ide-ide yang ada di dalam kepala.

3. Pemulihan

“Selama bertahun-tahun, karir saya berdampak tinggi bagi tubuh saya karena pekerjaannya menuntut fisik. Berjalan merupakan waktu istirahat dari hal-hal tersebut dan juga memberi latihan yang saya inginkan. Saya ingat ketika tubuh saya terasa tidak enak dan saya tetap berencana untuk berlari. Tubuh saya mengatakan tidak, sehingga saya memilih untuk berjalan,” ujar Kuzch.

Apa yang terjadi selanjutnya sangat menakjubkan, saya berlatih sampai berkeringat tanpa menyakiti sendi saya! Saya merasa muda kembali, terinspirasi dan seperti berprestasi.

Bahkan yang lebih baiknya adalah ketika saya berjalan selama 40 menit, saya membakar kalori yang setara dengan 25 menit saat saya berlari. Dan kelebihan 15 menit tersebut tidak ternilai, karena mereka membantu tubuh dan otak saya pulih kembali, ungkap Kuzch.

4. Bertemu banyak orang

Salah satu manfaat dari berjalan adalah bertemu banyak orang.

“Baik saat berjalan di kota atau pun tempat baru. Bahkan, saya bertemu dengan teman baik saya ketika berjalan. Kami kebetulan berdua sedang melangkah dan mulai mengobrol. Kami memiliki banyak kesamaan, dalam waktu singkat kami menjadi teman. Dan sekarang dia adalah salah satu dari sekian banyak orang penting di hidup saya,” ungkap Kuzch.

5. Pelepas stres

Berjalan dapat melepas stres seketika. Sejumlah penelitian menunjukkan, bahwa ini dapat menurunkan kadar hormon stres.

Tetapi yang saya ketahui dari pengalaman pribadi – ketika saya merasa gila dan kewalahan – adalah saya butuh berjalan. Seketika saya merasa lebih baik secara fisik, mental dan spiritual,” ujar Kuzch.

Hati-hati, hormon stres tersebut dapat menyebabkan kenaikan berat badan, kehilangan memori dan tekanan darah tinggi.

6. Mobilitas pinggul

“Pinggul saya dapat terjaga berkat profesi saya yang memerlukan intensitas tinggi, menuntut untuk selalu latihan. Tapi, sejak saya mulai berjalan, mobilitas dan fleksibilitas pinggul saya semakin meningkat,” jelas Kuzch.

Berjalan juga dapat memecah asam laktat di otot yang membantu tubuh untuk pulih kembali dan memungkinkan untuk membentuk otot yang lebih ramping.

7. Perspektif yang lebih baik

Kuzch mengatakan, ketika ia mulai berjalan di sekitar lingkungannya, ia melihat alam, orang dan lingkungan dengan cara yang berbeda.

Apalagi jika Anda tinggal di kota yang sangat sibuk. Sangat mudah untuk mengendarai mobil secara terburu-buru dan melewatkan lingkungan Anda. Tapi, cobalah mulai berjalan, Anda akan menemukan taman yang indah dan rumah-rumah yang Anda tak pernah tahu sebelumnya.

8. Tubuh yang lebih baik

“Setelah berjalan selama beberapa bulan, saya menyadari bahwa saya telah menargetkan dan membentuk otot-otot, di mana rutinitas saya yang lainnya telah terabaikan. Lalu saya melihat kaki saya telah terlihat lebih baik dari sebelumnya, lengan yang terpompa, punggung atas yang terimprovisasi dan meningkatkan jangkauan gerak saya, membuka bahu saya lebih lebar,” ungkap Kuzch.

9. Pertukaran budaya

Daripada mengandalkan mobil untuk berpergian, cobalah untuk memakai sepatu dan berjalan di trotoar. Selain lebih sehat, Anda akan mempunyai kesempatan untuk interaksi dengan penduduk lain yang mungkin selalu terlewatkan di masa lalu. Banyak hal tak terduga bisa ditemukan sepanjang perjalanan Anda.

10. Ini sangat menghibur!

Berjalan membuat suasana hati lebih bahagia. Gerakkan yang berefek pada tubuh adalah sebuah hadiah. “Berjalan bukanlah aktivitas yang harus saya lakukan, tapi saya selalu ingin melakukannya,” ujar Kuzch.

Wow.. banyak kan manfaatnya, mari kita mulai aktivitas dengan berjalan Bro sis. Semoga bermanfaat.

Sumber

Tinggalkan Balasan