Ingin Berhenti Merokok? Coba Lima Strategi Ini

Berhenti merokok sering kali menjadi resolusi seseorang setiap tahun baru. Ada yang berhasil mewujudkannya, ada juga yang tidak. Berhenti merokok memang tak semudah membalik telapak tangan, apalagi jika Bro sis seorang perokok berat.

Padahal, Bro sis pasti tahu bahwa merokok hanya akan merusak kesehatan. Merokok dapat menyebabkan kanker, masalah pada paru-paru, hingga penyakit kardiovaskular, seperti jantung.

Perlu niat dan dukungan yang kuat agar Bro sis tak kembali mengisap rokok. Berikut lima strategi yang bisa membantu Bro sis berhenti merokok, seperti dikutip dari Men’s Health.

1. Olahraga

Olahraga teratur telah terbukti mengatasi keinginan seseorang untuk merokok. Menurut laporan dalam jurnal Addiction, olahraga akan mengalihkan pikiran untuk merokok. Olahraga dapat meningkatkan hormon endorfin yang akan membuat suasana hati lebih baik.

2. Tulis di media sosial

Tulislah keinginan Bro sis untuk berhenti merokok di media sosial, seperti Twitter, Facebook dan Path.

Menurut studi yang dilakukan Universitas Georgia, para perokok yang berbagi cerita soal perjuangan berhenti merokok di media sosial lebih berhasil berhenti merokok daripada yang tidak.

Dengan menceritakan keinginan berhenti merokok di media sosial, Bro sis akan mendapat banyak dukungan. Orang lain yang terhubung dengan Bro sis di media sosial pun bisa mengingatkan Bro sis untuk berhenti merokok. Hal ini akan mendorong seseorang lebih yakin untuk tidak merokok.

3. Banyak makan buah dan sayur

Menurut sebuah penelitian di Universitas Buffalo, banyak makan buah dan sayur dapat membantu seseorang lebih tahan lama untuk tidak mengisap asap rokok. Selanjutnya, akan lebih mudah berhenti merokok selamanya.

Menurut peneliti, dengan konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah dan sayur, akan membuat perut terasa lebih penuh atau kenyang. Dengan begitu, bisa menghindari keinginan merokok.

4. Minum susu

Mulailah terbiasa minum susu ketika Bro sis sedang berniat untuk berhenti merokok. Menurut penelitian, strategi ini dapat menurunkan keinginan seseorang untuk tidak merokok setelah minum susu. Susu merupakan sumber protein dan bisa membuat seseorang lebih kenyang.

5. Gunakan aplikasi berhenti merokok

Saat ini, telah banyak aplikasi yang bisa diunduh di ponsel untuk membantu seseorang berhenti merokok. Salah satunya Quitpal, sebuah aplikasi yang diperkenalkan oleh National Cancer Institute.

Aplikasi ini dapat menghubungkan Bro sis dengan teman-teman di media sosial yang akan selalu mengingatkan Bro sis untuk tetap berhenti merokok.

Menurut jurnal The Lancet, dukungan dalam bentuk tulisan dapat menambah dua kali lipat keinginan seseorang untuk berhenti merokok.

Sumber

Tinggalkan Balasan